Stres Merupakan Akar dari Penyakit | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Stres Merupakan Akar dari Penyakit
1/ 5
by

Stres Merupakan Akar dari Penyakit

Holistu 01_Stres Merupakan Akar Penyakit
Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan.
Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. 

Setiap individu akan mudah mengalami stres pada saat individu tersebut marah atau tertekan. Hal tersebut terjadi karena hormon noradrenalin atau hormon penyebab stres muncul saat marah atau tertekan. Hormon noradrenalin sangat berbahaya karena jika muncul dalam jumlah banyak akan menjadi racun dalam tubuh.

Stres dapat muncul karena tiga faktor yaitu faktor lingkungan, faktor organisasi, dan faktor pribadi/diri sendiri. Faktor lingkungan dapat membuat seseorang individu menjadi stress, contohnya ketika kelangsungan pekerjaan terancam.

Faktor organisasi semisal tekanan kerja yang berlebih, tuntutan tugas dan beban kerja yang berat dapat juga membuat seseorang mengalami stres. Faktor terakhir yang bisa membuat seseorang menjadi stres adalah faktor pribadi misalnya, retaknya hubungan dengan pasangan hidup atau masalah ekonomi.

Stres menampakkan diri dengan berbagai cara. Sebagai contoh, seorang individu yang sedang stres berat akan mengalami tekanan darah tinggi, sariawan, jadi mudah jengkel, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, ren-tan terhadap kecelakaan, dan se-bagainya. 

Akibat stres dapat dikelompokkan dalam tiga kategori umum yaitu gejala fisiologis, gejala psikologis, dan gejala perilaku. Gejala-gejala tersebut bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Terdapat riset yang menyimpulkan bahwa stres dapat menciptakan perubahan dalam metabolisme, meningkatkan detak jantung dan tarikan napas, menaikkan tekanan darah, menimbulkan sakit kepala, dan memicu serangan jantung


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment