Mengenal Penyakit Polip Pada Hidung | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Mengenal Penyakit Polip Pada Hidung
1/ 5
by

Mengenal Penyakit Polip Pada Hidung





“Polip hidung merupakan salah satu jenis penyakit polip yang terjadi di sekitar area lubang hidung.” 

Selain di lubang hidung, penyakit polip sendiri bisa muncul pada bagian tubuh lain seperti pada rahim, lambung, dan usus. Khusus polip hidung merupakan penyakit dari komplikasi sinusitis atau hasil dari inflamasi dan peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan. Polip hidung bisa pula disebut tumor jinak karena memang saat terserang polip akan terjadi seperti benjolan (daging lunak) pada saluran pernafasan atau lubang hidung. 

Walau belum diketahui secara pasti penyebab polip yang tumbuh pada hidung, tetapi dengan terjadinya peradangan terus menerus pada area saluran pernafasan maka akan menghasilkan cairan yang diproduksi oleh lapisan lubang hidung. Cairan yang berupa lendir ini kemudian berkumpul / menumpuk sehingga membentuk polip (benjolan daging lunak). Ada pula yang terserang polip hidung karena memiliki riwayat asma dan beberapa jenis alergi. Benjolan daging lunak atau tumbuhnya polip tersebut bisa hilang dengan sendirinya, tetapi bukan berarti hal tersebut boleh diabaikan. Karena jika membesar akan sangat mengganggu serta dapat menimbulkan masalah pada sistem pernapasan.

Ada beberapa tanda-tanda sedang terserang polip pada hidung yaitu, sulitnya bernafas, hidung berair, hidung terasa tersumbat padahal sedang tidak flu, dan kemampuan indra penciuman bisa menurun. Tetapi terkadang ada penderita polip pada hidung kemampuan indera penciumannya tidak mengalami penurunan namun mengalami pilek yang terus menerus disertai bersin-bersin. Gejala lain yang mengiringi saat menderita polip pada hidung adalah sakit kepala, dahi rasanya seperti tertekan, tidur mendengkur, bersin, nyeri pada gigi bagian atas, dan adanya rasa gatal di sekitar mata bagian bawah. 

Penyakit polip pada hidung bisa dicegah, tetapi jika sudah mengidap atau muncul tanda-tanda terserang polip tersebut, maka langkah terbaik adalah berobat / memeriksakannya ke dokter. Beberapa cara ampuh mencegah terserang polip pada hidung yaitu merawat kualitas udara lingkungan sebaik mungkin, menjaga kebersihan tubuh khususnya tangan juga lubang hidung, dan hindari hal-hal yang membuat alergi seperti bahan kimia serta debu.

Sumber:
Lika Aprilia Samiadi, Apa itu polip hidung?, https://hellosehat.com/penyakit/polip-hidung/, (diakses 9 Juli 2017)
Mantali Haw, Tanda Menderita Polip Hidung, http://www.obatsinusitiskronis.org/tanda-menderita-polip-hidung/, (diakses 29 Oktober 2016)
Nimas Mita Etika M, Apakah Daging Tumbuh (Polip) Dalam Hidung Berbahaya?, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/polip-hidung-apakah-berbahaya/, (diakses 20 Januari 2017)


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment