Tips Efektif Menjaga Kesehatan Telinga | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Tips Efektif Menjaga Kesehatan Telinga
1/ 5
by

Tips Efektif Menjaga Kesehatan Telinga

gambar yang menunjukkan tentang cara menjaga kesehatan telinga
“Kemampuan pendengaran yang baik dapat terwujud jika kesehatan telinga terjaga.” 

     Telinga merupakan organ yang sangat penting sebagai alat pendengaran / salah satu panca indera. Peranan telinga yang begitu penting, maka telinga harus dirawat supaya kemampuan pendengaran tetap stabil dan terjaga. Ada beberapa cara efektif yang dapat diterapkan dalam merawat dan menjaga kesehatan telinga. Cara pertama adalah rutin membersihkan telinga dan areal sekitarnya. Jangan mengoreknya terlalu dalam atau menggunakan alat sembarangan. 

     Telinga memiliki cairan seperti lilin yang berfungsi untuk mencegah debu atau kotoran berbahaya lainnya masuk ke telinga lebih dalam. Jadi sebaiknya jika ingin membersihkan telinga, jangan terlalu dalam “mengoreknya”. Cukup sedikit saja masuk ke rongga telinga, lebih bagus lagi menggunakan handuk lembut. Tidak perlu terlalu dalam, karena dapat mengganggu bahkan merusak organ sensitif di dalam telinga yaitu gendang telinga.

     Rajin berolahraga merupakan tips efektif dalam menjaga kesehatan pendengaran. Dengan berolahraga maka aliran darah ke telinga tetap lancar dan oksigen yang dibawa sel darah merah sampai ke telinga. Kondisi ini sangat bagus untuk menjaga kestabilan fungsi pendengaran. Kemudian terapkan pola hidup sehat dan konsumsilah makanan sehat seperti menjaga kebersihan tubuh, tidur teratur, serta mengkonsumsi panganan bergizi. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan telinga.

     Cara selanjutnya adalah hindari terlalu sering mendengarkan suara yang intensinya tinggi, seperti mendengarkan musik dengan headset terlalu lama dan volumenya kencang atau sering berada di tempat dengan suara bising. Batas frekuensi pendengaran manusia adalah 20 Hz - 20 KHz, jika melebihi batas tersebut, besar kemungkinan gendang telinga akan rusak/pecah. Maka hindarilah tempat yang terlalu bising dan suara/musik frekuensinya tinggi, demi menjaga pendengaran. 

      Tips terakhir yang efektif untuk menjaga kesehatan telinga adalah melindungi baik-baik telinga, jangan sampai kemasukan sesuatu benda atau air/tersumbat air. Jika terasa ada sesuatu benda yang masuk ke rongga telinga atau tersumbat air ketika mandi atau berenang, segeralah atasi. Cobalah segera dikeluarkan benda/air yang masuk tersebut. 


Referensi:
Ana, 8 Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Mudah Dilakukan, http://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-telinga/cara-menjaga-kesehatan-telinga, (diakses 17 November 2015) 
Anggara, 7 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Agar Pendengaran Tetap Jernih, http://www.dewisehat.top/2017/03/7-cara-menjaga-kesehatan-telinga-agar.html, (diakses 27 Maret 2017)
Arinda Veratamala, 4 Langkah Penting untuk Menjaga Kesehatan Telinga, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/menjaga-kesehatan-telinga/, (diakses 25 Januari 2017) 
Kun Sila Ananda, 10 Tips menjaga kesehatan pendengaran, https://www.merdeka.com/sehat/10-tips-menjaga-kesehatan-pendengaran.html, (diakses 2 Oktober 2016)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment