Beras Merah Sangat Baik untuk Kesehatan | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beras Merah Sangat Baik untuk Kesehatan
1/ 5
by

Beras Merah Sangat Baik untuk Kesehatan

Gambar yang menunjukkan beras merah sangat baik untuk kesehatan tubuh

Beras Merah Sangat Baik untuk Kesehatan

Beras yang berwarna merah ini dikarenakan aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu. 

Zat antosianin ini mempunyai sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik (dapat mengatasi kadar gula darah berlebih). itu sebabnya beras merah sangat baik dikonsumsi karena dapat menjaga kesehatan. Ditambah lagi kandungan kandungan lain yang ada dalam beras merah, membuat beras merah ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dalam satu cangkir nasi beras merah mengandung 216,45 kalori, 88% kecukupan harian (Daily Value
I DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram). Kandungan protein beras merah 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Beras Merah juga mengandung asam lemak alfalinolenat, niasin, thiamin, polifenol, serat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Zat selenium serta polifenol dalam beras merah dapat melindungi tubuh dari risiko terserang kanker usus. Kandungan magnesiumnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Sumber serat beras merah sangat efektif dalam membantu program diet (penurunan berat badan). Beras merah akan mengenyangkan perut lebih lama, efektif juga dalam melancarkan sistim saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat dan hasil diet yaitu tubuh yang proporsional juga menawarkan perlindungan dari serangan penyakit jantung.

Antioksidan yang terkandung dalam beras merah dapat menjaga tubuh dari penyakit efek negatif
radikal bebas. ltu sebabnya rajin mengkonsumsi beras merah membuat tubuh menjadi tidak mudah
sakit. Bagi penderita kadar gula tinggi (diabetes), sangat disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi beras merah. Karena beras merah indeks glikemiksnya rendah serta seratnya tinggi sehingga dapat menstabilkan kadar gula dalam darah .

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment