Keistimewaan Beras Hitam | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Keistimewaan Beras Hitam
1/ 5
by

Keistimewaan Beras Hitam


Beras Hitam
Beras Hitam
Beras hitam merupakan beras yang sangat berkualitas.
Selain beras coklat berkecambah dan beras merah, ada satu jenis beras lagi yang sangat berkualitas yaitu beras hitam. Warna gelap dari beras hitam merupakan kandungan pigmen flavonoid yang dikenal sebagai antosianin, pigmen tanaman dengan sifat antioksidan kuat. Antosianin inilah pigmen pemberi warna gelap pada tanaman seperti blackberry, buah duwet (jamblang) dan juga beras hitam. 

Beras hitam selain rasanya enak agak manis, beras ini terkenal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal tersebut tidak telepas dari kandungan beras hitam yang kaya akan serat dan mengandung antioksidan, fitonutrien, phytochemical, vitamin E, protein, zat besi, serta nutrisi lainnya. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi organ tubuh seperti menjaga kesehatan hati, ginjal dan lambung (saluran pencernaan). 
Kualitas beras hitam tak perlu diragukan lagi, bahkan beras hitam ini lebih tinggi kualitasnya dibandingankan beras coklat berkecambah dan beras merah. Antosianin pada beras hitam merupakan antioksidan, sehingga orang-orang yang rajin mengkonsumsi beras hitam, dipastikan akan terhindar dari efek negatif radikal bebas seperti penyakit kanker. Beras hitam dapat menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap stabil, sehingga tubuh terhindar dari penyakit jantung serta diabetes.


Manfaat lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, bagus untuk kulit, dan menjaga berat tubuh ideal (mencegah kegemukan). Beras hitam kaya akan serat, sehingga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mengatasi masalah pada saluran pencernaan. Zat besi pada beras hitam sangat efektif menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel. Kandungan zinc banyak terdapat pada beras hitam, sehingga jika rutin mengkonsumsi beras hitam, maka proses penyembuhan pada luka akan lebih cepat.

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment