Kebaikan Cabai Rawit Bagi Tubuh | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Kebaikan Cabai Rawit Bagi Tubuh
1/ 5
by

Kebaikan Cabai Rawit Bagi Tubuh


Cabai rawit atau yang bernama ilmiah Capsicum frutescens ini sering dikenal sebagai pelengkap masakan / makanan. Namun dibalik itu, ternyata cabai rawit memiliki kebaikan bagi tubuh. Manfaat kesehatan cabai rawit tak terlepas dari beberapa kandungan didalamnya seperti serat, vitamin A, B1, B2, B6, C, E, senyawa flavonoid, betakaroten, asam folat, kalsium, magnesium, dan pottasium

Rasa panas atau pedas pada cabai berasal dari senyawa capsaicin (kapsaicin). Semakin tinggi / banyak kadar capsaicin maka cabai rawit akan semakin pedas. Sedang pada cabai merah biasa, kandungan capsaicinnya tidak banyak. Hal inilah yang membedakan mengapa cabai rawit lebih pedas ketimbang cabai merah biasa. Kandungan capsaicin dan senyawa flavonoid bisa berfungsi sebagai antioksidan, antikanker, antibakteri, antiperadangan, dan antipireptik. Berikut akan dijelaskan beberapa kebaikan cabai rawit bagi tubuh.

Kebaikan cabai rawit adalah sanggup meningkatkan nafsu makan. Rasa pedas dari cabai biasanya menambah rasa nikmat pada makanan. Efek positifnya nafsu makan menjadi meningkat. Rasa pedas tersebut membuat tubuh berkeringat / mengeluarkan keringat. Sehingga bisa membantu proses detoksifikasi atau mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh. Kondisi tubuh yang bebas racun atau tidak banyak toksinnya itu baik untuk kebugaran. Capsaisin yang menimbulkan rasa pedas dan menyebabkan keringat dapat pula berfungsi membakar lemak. Hal inilah yang membuat cabai rawit disebut bagus mensukseskan program diet. 

Kemudian dari kandungan seratnya, cabai rawit berkhasiat bagi kesehatan pencernaan serta mengatasi gangguan pencernaan. Serat dan kandungan kalsium bagus dalam menunjang kesehatan darah, merawat kesehatan jantung, memproduksi sel darah merah, menstabilkan tekanan darah, dan mengatasi koleseterol tinggi (jahat). Kalsium juga baik untuk tulang dan gigi. Selanjutnya cabai merah yang mengandung vitamin A, bermanfaat guna menjaga kesehatan mata (kinerja penglihatan).

Kandungan berbagai vitamin, nutrisi dan zat antioksidan dari senyawa flavonoidnya, efektif memelihara ketahanan tubuh / sistem imun serta mencegah munculnya sel-sel kanker. Lalu dari sifatnya yang antiradang, cabai rawit sanggup meredakan sakit atau pembekakkan akibat radang seperti sakit rematik dan ngilu persendian (asteoarthritis). Sedang dari sifatnya yang antibakteri ampuh mencegah infeksi pada organ. Cabai rawit juga memiliki sifat antipiretik yang berguna dalam menurunkan demam, mengatasi sakit kepala dan flu.

Catatan : Walau dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh, tetapi sangat disarankan untuk mengkonsumsi cabai rawit secukupnya saja, jangan sampai berlebih-lebihan sebab bisa menimbulkan panas di lidah (kepedasan), sakit area tenggorokan, panas dalam, kulit memerah, dan perut mulas.

Sumber:
Martha Telaumbanua, 5 Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan, Melancarkan Sistem Pencernaan, https://www.idntimes.com/health/fitness/martha-telaumbanua/manfaat-cabai-rawit-exp-c1c2/full, (diakses 20 Juni 2019)

Rizki Pratiwi, 8 Manfaat Makan Cabe Bagi Kesehatan, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-cabe-untuk-kesehatan/, (diakses 13 Oktober 2016)

Siwi Nur Wakhidah, Ini 14 Manfaat Cabai Hijau untuk Kesehatan, Tak Banyak yang Tahu, https://www.dream.co.id/culinary/ini-dia-14-manfaat-cabai-hijau-untuk-kesehatan-tak-banyak-yang-tahu-190923h.html, (diakses 24 September 2019)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment