Makanan Penjaga Kesehatan Mata | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Makanan Penjaga Kesehatan Mata
1/ 5
by

Makanan Penjaga Kesehatan Mata

“Mata adalah organ penting bagi manusia karena itu kesehatan mata mesti dijaga”.
Mata adalah indra yang sangat penting bagi manusia. Dengan mata, banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Tapi karena beberapa aktivitas jugalah mata bisa rusak seperti terlalu lama didepan layar monitor, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, terkena paparan sinar UV (teriknya matahari), membaca sambil tidur, dan terkena kotoran/debu. Karena itu, menjaga kesehatan mata harus dilakukan agar aktivitas tidak terganggu. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata.

Sayuran yang baik untuk kesehatan mata adalah wortel, bayam, bawang, dan kol (brokoli). Wortel dengan kandungan beta-karoten yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Bawang yang mengandung selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione bermanfaat untuk melindungi lensa mata dari radikal bebas seperti sinar UV. Sedang kol (brokoli) dan bayam mengandung lutein dan zeaxanthin, nutrisi yang fungsinya seperti sunglasses yang efektif melindungi mata dari pancaran sinar UV. 

Sedang untuk buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata adalah tomat, alpukat dan jeruk. Tomat yang kaya vitamin A, C dan lycopene merupakan tiga nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan mata. Sedang alpukat memiliki kandungan lutein paling tinggi dibanding buah lain. Fungsi lutein sangat efektif dalam mencegah penyakit katarak dan degenerasi makular (kerusakan sel-sel khusus dalam makula retina). Ketegangan pikiran yang cukup tinggi dapat mengakibatkan pandangan mata kabur. Solusinya jika hal ini terjadi adalah mengkonsumsi buah jeruk. Jeruk dengan kandungan vitamin C dan B1 dapat menyembuhkan mata (pandangan) kabur.

Makanan berikutnya yang baik dalam menjaga kesehatan mata adalah ikan dan telur. Ikan dengan minyak ikannya mengandung esensial atau asam lemak (omega 3) yang efektif untuk menjaga otot-otot mata agar tetap berfungsi dengan baik. Telur merupakan makanan yang mengandung sumber nutrisi yang sangat baik untuk mata diantaranya seperti lutein, B12, vitamin D, zinc, vitamin A,  dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalam putih telur adalah antioksidan terbaik yang dapat mencegah proses degenerasi makular dan penyakit katarak.   

Referensi:
Ahlun Naja, 5 Jus Buah Untuk Menjaga Kesehatan Mata, http://www.jussehat.com/2014/07/5-jus-buah-untuk-menjaga-kesehatan-mata.html, (diakses 6 Juli 2014)
Fuji Agung Prasetya, 10 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata!, https://inkesehatan.blogspot.co.id/2013/09/10-makanan-terbaik-untuk-kesehatan-mata.html, (diakses 24 September 2013)
Lidya Maharani, 13 Makanan Super Yang Menyehatkan Mata, http://www.kinisehat.com/2015/11/makanan-super-menyehatkan-mata.html, (diakses 11 November 2015) 

Beberapa makanan yang bagus untuk otak
Dibalik aromanya yang tidak Sedap, ternyata buah mengkudu memiliki khasiat kesehatan besar bagi tubuh.

Manfaat Sinar Matahari Terhadap tubuh kita
TBC Merupakan penyakit yang berbahaya, Oleh sebab itu kenalilah gejalanya agar cepat diatasi.

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment