Beberapa Cara Efektif Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beberapa Cara Efektif Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan
1/ 5
by

Beberapa Cara Efektif Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan


Bernapas merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia, itu sebabnya kesehatan organ dan saluran pernapasannya mesti dijaga.  Apabila sistem pernapasan tidak dijaga baik-baik maka akan timbul masalah kesehatan seperti asma, infeksi saluran pernapasan atas (ispa), sakit batuk, dan influenza, bahkan bisa terjadi peradangan sampai sakit paru-paru.  
Cara efektif pertama untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan adalah menghindari udara yang tercemar. Caranya bisa memakai masker jika keluar rumah, jauhi daerah yang udaranya kotor dan hindari paparan asap rokok. Polusi udara membuat gangguan saat bernapas dan dapat merusak sel-sel / jaringan organ pernapasan. Masker berfungsi sebagai penyaring udara tambahan agar udara yang masuk ke saluran pernapasan merupakan udara bersih dan bersahabat bagi organ pernapasan.
Kemudian jagalah kebersihan tubuh dengan mandi secara teratur dan rajin bersih-bersih tubuh. Lalu buatlah lingkungan sekitar memiliki udara segar dengan membuat ruangan rumah yang banyak ventilasinya dan memperbanyak pepohonan di halaman. Tubuh bersih dan lingkungan yang kualitas udaranya segar merupakan salah satu faktor penunjang kesehatan pernapasan.
Cara selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan minum air putih. Air putih sangat dibutuhkan dalam proses detoksifikasi (mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh) supaya berjalan optimal. Air putih juga dapat membantu sekresi lendir pada paru bisa dikeluarkan / tidak mengendap. Oleh sebab itu pemenuhan kebutuhan air putih sekitar 8 gelas atau 2 liter perhari menjadi sangat penting untuk menjaga sistem pernapasan tetap baik dan kelancaran proses detoksifikasi juga metabolisme tubuh.
 Jangan keseringan begadang, karena pada malam hari bernapas cukuplah berat sebab jumlah oksigen sedikit, dampaknya dada bisa menjadi sesak,. Lebih baik malam hari digunakan untuk tidur dan kemudian bangun pagi, lalu hiruplah udara di pagi hari yang segar. Kualitas udara pagi itu sangat baik, menyegarkan bagi saluran pernapasan dan menyehatkan tubuh karena kandungan oksigennya melimpah.
Lalu konsumsilah makanan kaya nutrisi yang baik untuk pernapasan yaitu ikan, sayur dan buah. Tubuh membutuhkan antioksidan, vitamin A, C,  E, mineral zinc, kalium, selenium, dan magnesium guna  menjaga kesehatan pernapasan. Zat-zat tersebut dapat ditemukan pada ikan, sayur, buah, dan juga susu. Untuk jenis sayur dan buah yang berkhasiat bagi pernapasan adalah kubis, wortel, brokoli, kacang panjang, buah jeruk, apel, delima, serta anggur.
Rutin berolahraga juga merupakan salah satu cara efektif dalam merawat kesehatan pernapasan. Saat berolahraga secara teratur maka sistem peredaran darah akan berjalan optimal. Dari sini organ pernapasan dapat terawat dengan baik, sebab organ pernapasan selalu mendapat suplai nutrisi yang dibawa darah secara teratur. Olahraga bermanfaat pula melatih organ-organ tubuh termasuk organ pernapasan supaya kinerjanya tetap baik.
Cara efektif yang terakhir untuk menjaga kesehatan pernapasan adalah hindari minum alkohol secara berlebihan karena dapat membuat napas menjadi sesak dan rongga dada terasa panas. Dan jangan lupa sesekali check up kesehatan supaya mengetahui adakah masalah pada saluran pernapasan khususnya mengetahui ada atau tidaknya penyakit paru-paru.


Referensi:
Aidil, 5 Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan, https://www.infosehatkeluarga.com/5-cara-menjaga-kesehatan-sistem-pernapasan/, (diakses 18 Desember 2015)
Riana, Bagaimana Cara Untuk Menjaga Sistem Pernapasan Tetap Sehat, https://sehatly.com/830, (diakses 6 September 2016)
Rizal Surya, 3 Sayuran Yang Berguna Untuk Meredakan Masalah Pernapasan, http://www.herbalogi.com/sayuran-pernafasan/, (diakses 27 November 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment