Beberapa Makanan yang Bagus untuk Otak | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beberapa Makanan yang Bagus untuk Otak
1/ 5
by

Beberapa Makanan yang Bagus untuk Otak

Gambar yang menunjukkan jenis-jenis makanan yang bagus untuk otak
“Kemampuan dan kestabilan kerja otak yang baik, bisa diperoleh dari asupan yang bergizi.”
Otak merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh, karena dari sinilah pusat sistem saraf. Kemampuan otak yang baik akan berkesinambungan pada kebaikan tubuh dan kualitas hidup. Itu sebabnya kemampuan kinerja otak perlu dijaga bahkan ditingkatkan dengan mengkonsumsi asupan-asupan yang bergizi. Berikut adalah beberapa makanan yang bagus untuk meningkatkan kemampuan dan menjaga kestabilan kerja otak.

Makanan pertama adalah ikan, terutama ikan salmon. Pada ikan terkandung asam lemak omega 3 yaitu senyawa lemak tidak jenuh yang dibutuhkan tubuh dan bermanfat bagi ketajaman otak.  Asam lemak omega 3 memiliki zat DHA / Docosahexaenoic acid, yang berfungsi dalam melancarkan perintah saraf dan mengantarkan saraf ke otak. Kinerja otak pun akan menjadi bagus.

Makanan selanjutnya yang baik untuk otak yaitu telur. Kuning telur mengandung kolin, suatu zat yang sangat bermanfaat membantu perkembangan otak. Kemudian aneka sayuran, terutama sayuran berwarna cerah kaya nutrisi dan antioksidan seperti tomat, wortel, brokoli, bayam serta labu. Sayuran-sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat membuat sel-sel otak dan sistem saraf menjadi lebih kuat.

Selain sayuran, kacang-kacangan terutama kacang hijau dan kedelai juga merupakan makanan yang bagus untuk otak. Kacang-kacangan hampir mirip seperti ikan yang mengandung asam lemak omega 3. Sehingga kacang-kacangan dapat menjadi makanan alternatif pengganti ikan guna mendapatkan asupan asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan tubuh dan bermanfaat bagi otak.

Gandum adalah salah satu makanan yang bagus untuk otak. Gandum kaya akan vitamin B6 yang sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan kerja otak. Akan sangat baik lagi jika tambah buah-buahan yang kaya antioksidan seperti blueberry, stroberi, blackberry, buah naga, delima, dan sebagainya. Buah-buahan tersebut berguna untuk menjaga fungsi daya ingat. Asupan terakhir yang bagus untuk otak adalah susu. Susu yang kaya protein dan vitamin berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, sel dan fungsi otak. 

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment