Khasiat Kacang hijau Bagi Kesehatan | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Kacang hijau Bagi Kesehatan
1/ 5
by

Khasiat Kacang hijau Bagi Kesehatan

Kacang hijau sudah tidak asing bagi kita. Tumbuhan biji-bijian ini banyak ditanam di negara kita dan dikenal dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Itu sebabnya, beberapa produsen makanan dan minuman sehat menjadikan kacang hijau sebagai bahan dasar produknya. 
Kacang hijau mengandung karbohidrat, serat, kalsium, vitamin A, B1, B2, asam folat, protein, potasium, fosfor, mangan, kalsium, protease inhibitor, magnesium, zat besi, zinc, selenium,dan omega 3 / lemak tak jenuh. Dari kandungan-kandungan itu membuat kacang hijau berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
Protein yang tinggi pada kacang hijau bermanfaat dalam  pertumbuhan dan pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel otot, organ serta otak. Kandungan kalsiumnya berguna untuk perkembangan tulang dan menjaga kesehatan tulang.
Kemudian dari karbohidrat pada kacang hijau dapat menjadi sumber energi yang sangat baik guna menjaga stamina dan sistem kekebalan tubuh. Sedang seratnya sangat efektif untuk menjaga berat badan tetap proporsional dan membantu mensukseskan program diet. Kandungan serat pada kacang hijau akan menjaga perut tetap dalam kondisi kenyang cukup lama, porsi makan pun menjadi tidak terlalu besar.
Serat juga berfungsi membersihkan saluran pencernaan serta berperan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah dari serangan penyakit jantung dan stroke. Kacang hijau juga efektif dalam melindungi tubuh dari serangan kanker dan tumor.  Kandungan protease inhibitor pada kacang hijau dapat melindungi tubuh dari terbentuknya sel kanker dan tumor.

Referensi:
Kun Sila Ananda, 5 Manfaat kesehatan kacang hijau, https://www.merdeka.com/sehat/5-manfaat-kesehatan-kacang-hijau.html, (diakses 28 Desember 2012)
Linda Nur Wakidah, Manfaat kacang Hijau, https://www.bersosial.com/threads/manfaat-kacang-hijau.47937/, (diakses 11 September 2017)
Wardah, 5 Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau yang Perlu Anda Ketahui, http://www.sarankesehatan.com/5-manfaat-dan-khasiat-kacang-hijau-yang-perlu-anda-ketahui/, (diakses 17 Juni 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment