Cara Mudah yang Ampuh Atasi Kapalan Pada Kaki | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Cara Mudah yang Ampuh Atasi Kapalan Pada Kaki
1/ 5
by

Cara Mudah yang Ampuh Atasi Kapalan Pada Kaki

Gambar yang menjelaskan cara mengatasi Kapalan Pada Kaki
"Kapalan atau disebut juga callus adalah munculnya benjolan karena pengerasan atau penebalan kulit."
Kapalan merupakan suatu kondisi reaksi alami tubuh untuk melindungi bagian kulit tertentu ketika adanya gesekan atau tekanan yang berlebih. Kapalan biasa menyerang tumit, sekitar kaki, jari, dan tangan, paling sering muncul di kaki. Ada beberapa penyebab munculnya kapalan pada kaki yaitu menggunakan sepatu yang tidak nyaman, menggunakan alas kaki yang tidak sesuai ukurannya, sering “nyeker” (tidak menggunakan alas kaki), dan tidak menggunakan kaus kaki.
Situasi yang tidak mengenakkan ketika mengidap kapalan karena dapat mengganggu penampilan, mengganggu aktivitas, berkurangnya sensitivitas pada bagian yang kapalan, dan terasa ada kejanggalan. Itu sebabnya jika terserang kapalan mesti segera diatasi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara ampuh yang mudah diterapkan untuk mengatasi kapalan pada kaki.
Cara mudah dan ampuh mengatasi kapalan pada kaki adalah dengan menghindari faktor penyebab kapalan. Jika alas kaki terasa kurang nyaman, maka gantilah dengan yang nyaman dan pakailah kaus kaki. Kemudian jangan terlalu sering “nyeker” karena gesekan terus menerus pada kaki telanjang dapat menimbulkan kapalan.
Bisa pula memanfaatkan bahan-bahan sederhana untuk mengatasi kapalan pada kaki, yaitu menggunakan cuka, baking soda, air lemon, dan bawang putih. Cuka sangat ampuh dalam mengatasi kapalan. Sifat asam pada cuka efektif melembutkan kulit yang keras dan mempercepat proses penyembuhan. Ada pula cara mengatasi kapalan pada kaki dengan merendam kaki yang terserang kapalan pada air hangat yang sudah dicampur baking soda. Setelah direndam, gosokan bagian yang terserang kapalan tersebut dengan batu apung, maka kapalan akan terkikis.
Cara efektif selanjutnya untuk mengatasi kapalan adalah menggunakan air perasan jeruk lemon. Caranya, campurkan air perasan jeruk lemon dengan 1 sendok teh baking soda dan sedikit air. Lalu oleskan pada bagian kaki yang kapalan, kemudian bungkus dengan kain, biarkan semalaman, dan cuci dengan air hangat pada pagi hari. Sedangkan untuk mengatasi kapalan pada kaki menggunakan bawang putih, caranya adalah gosokan area yang terserang kapalan dengan irisan bawang putih. Bisa pula dengan mencampurkan irisan bawang putih dengan cuka, kemudian oles di bagian yang kapalan.  


Referensi:
Aisyah Kamaliah, Kaki Kapalan? Kenali 3 Penyebabnya Lebih Dulu, https://health.detik.com/read/2017/08/25/085339/3613874/763/kaki-kapalan-kenali-3-penyebabnya-lebih-dulu, (diakses 25 Agustus 2017)
Bella Jufita Putri, 3 Langkah Bebaskan Kaki dari Kapalan, http://health.liputan6.com/read/2987570/3-langkah-bebaskan-kaki-dari-kapalan, (diakses 12 Juni 2017)
Febrianti Diah Kusumaningrum, 5 Bahan alami untuk basmi kulit kaki yang kapalan, https://www.merdeka.com/sehat/5-bahan-alami-untuk-basmi-kulit-kaki-yang-kapalan.html, (diakses 16 April 2017) 

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment