Pentingnya Zat Besi Bagi Tubuh | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Pentingnya Zat Besi Bagi Tubuh
1/ 5
by

Pentingnya Zat Besi Bagi Tubuh


 
 “Zat besi merupakan zat gizi mikro bagian integral dari molekul hemoglobin pada pusat sel darah merah.”

Zat besi adalah komponen protein (mineral) penting yang dibutuhkan tubuh untuk menopang dan memelihara kesehatan. Kekurangan zat besi akan membuat tubuh menjadi mudah lemas, tak bersemangat dan menimbulkan sakit kepala. Jika kekurangan zat besinya tinggi / banyak, dapat menyebabkan penyakit kulit yang parah, memicu anemia (gangguan pada darah, kekurangan sel darah merah), kerapuhan pada kuku, dan gangguan kesehatan di area mulut juga lidah.
Manfaat utama dari zat besi bagi tubuh adalah membentuk hemoglobin atau sel darah merah. Sel darah merah yang sehat dapat memastikan bahwa sirkulasi peredaran darah berjalan dengan baik. Suplai oksigen / asupan nutrisi yang dibawa darah pun akan lancar. Situasi yang tentunya sangat baik supaya sistem organ tubuh dapat bekerja secara optimal.
Zat besi juga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan (ketahanan) tubuh. Hemoglobin (sel darah merah) yang terbentuk dari zat besi akan menyuplai / mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dengan baik. Oksigen sangat diperlukan untuk memperbaiki jaringan, organ dan sel tubuh yang rusak. Dari sinilah tubuh akan terjaga sistem ketahanannya.
Manfaat lain dari zat besi adalah menjaga fungsi otot agar tetap baik dan mejadi komponen penting dalam pengaturan suhu tubuh. Kecukupan oksigen yang diangkut hemoglobin ke seluruh sel otot akan membuat kinerja otot tetap optimal. Zat besi juga merupakan komponen penting untuk bekerja guna mengatur suhu tubuh tetap stabil.
Kemudian peran penting zat besi lainnya berturut-turut adalah untuk menjaga kesehatan mental, merawat rambut, bagus untuk ibu yang sedang hamil, dan mencegah insomnia (sulit tidur). Guna memperoleh asupan zat besi, maka dapat dengan mengkonsumsi sayur bayam, daging sapi, kacang merah, tiram, nasi putih, dan tomat.



Referensi:
Imam Fahrudin, 9 Manfaat Dan Fungsi Zat Besi Bagi Tubuh, http://www.manfaatcaramengatasi.com/2015/08/9-manfaat-dan-fungsi-zat-besi-bagi-tubuh.html, (diakses 8 Agustus 2015)
Jeffry Laseduw, Berbagai Manfaat Dari Zat Besi Untuk Kesehatan, http://necturajuice.com/berbagai-manfaat-dari-zat-besi-untuk-kesehatan/, (diakses 20 Juni 2015)
Unoviana Kartika, 9 Makanan Sumber Zat Besi Terbaik, http://lifestyle.kompas.com/read/2013/08/20/1005154/9.Makanan.Sumber.Zat.Besi.Terbaik, (diakses 20 Agustus 2015) 

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment