Khasiat Buah Sirsak | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Buah Sirsak
1/ 5
by

Khasiat Buah Sirsak

Sirsak merupakan tanaman buah yang berasal dari wilayah Amerika, kulitnya berwarna hijau dan berduri dengan daging yang lembut berair. Rasanya yang khas manis bercampur asam, membuat buah ini sering dijadikan jus segar untuk dikonsumsi. Sirsak juga dapat digunakan sebagai tanaman / buah obat herbal, dikonsumsi untuk mendapat manfaat kesehatan.

Bagian daun dari sirsak juga bisa dijadikan bahan obat alami / herbal. Cara untuk memperoleh manfaat kesehatan dari daun sirsak cukup mudah, tinggal rebus beberapa lembar daun sirsak, kemudian minum air rebusan tersebut. Sirsak berkhasiat dalam mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Pada buah / daun sirsak terdapat senyawa fitokimia bernama Annonaceous Acetogenins, senyawa yang dapat menghambat / mencegah pertumbuhan virus penyebab mutasi genetik (kanker). Sedang kandungan serat pada sirsak ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sirsak juga mengandung vitamin B1, B2 dan C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Vitamin B1 dan B2 efektif dalam melindungi organ-organ tubuh dari kerusakan, merawat kesehatan jantung dan menjaga stamina tetap optimal. Sedang vitamin C pada buah sirsak dapat berguna sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan menyembuhkan sakit sariawan juga flu.

Selain manfaat yang disebut di atas masih ada beberapa manfaat sirsak lainnya yaitu, membersihkan paru-paru, menstabilkan kadar gula darah, memperkuat tulang, dan mencegah / mengobati asam urat. Sirsak juga bagus untuk perawatan kulit / kecantikan karena kandungan mineralnya dapat berfungsi sebagai pelembab alami bagi kulit. Kulit yang kusam dan serangan penyakit kulit seperti bisul atau jerawat dapat dicegah / diatasi dengan mengkonsumsi buah sirsak atau rebusan daun sirsak.


Catatan: Disarankan dalam mengkonsumsi sirsak sebaiknya secukupnya saja, jangan belebihan. Karena jika mengkonsumsinya secara berlebihan dapat memberikan efek negatif seperti gangguan asam lambung, sembelit, dehidrasi, berkeringat, dan tubuh menjadi tidak nyaman. Dan sebaiknya sirsak tidak dikonsumsi bagi penderita Parkinson, karena disinyalir dapat memperburuk keadaan penderitanya.




Referensi:
Bethari Taya, 8 Manfaat rebusan daun sirsak untuk kesehatan dan cara pengolahannya, https://www.merdeka.com/sehat/8-manfaat-rebusan-daun-sirsak-untuk-kesehatan-dan-cara-pengolahannya-kln.html, (diakses 24 Oktober 2017)
Michelle Tania, 5 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan, http://health.liputan6.com/read/3065213/5-manfaat-sirsak-untuk-kesehatan, (diakses 21 Agustus 2017)Muhammad Yudha, 10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Nutrisinya, http://www.cantikitu.com/2016/03/manfaat-buah-sirsak-untuk-kesehatan.html, (diakses 1 Maret 2016)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment