Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh
1/ 5
by

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

“Vitamin A memang terkenal sebagai penjaga kesehatan penglihatan (mata), tetapi masih ada lagi manfaat penting lain vitamin A bagi tubuh.” 
Fungsi vitamin A selain menjaga kesehatan penglihatan adalah sebagai pertumbuhan, merawat reproduksi dan pemeliharaan sel. Jika tubuh kekurangan vitamin A, akan terjadi masalah kesehatan seperti penglihatan akan terganggu, kekebalan / ketahanan tubuh menurun dan kerusakan pada kulit.  Vitamin A dapat ditemukan pada tomat, wortel, ubi, kangkung, ikan, susu keju, buah mangga, melon, pepaya, jeruk, jambu semangka, anggur, nanas, dan alpukat.
Manfat pertama dari vitamin A yaitu sebagai penjaga kesehatan mata / penglihatan. Senyawa retinol pada Vitamin A berguna bagi retina supaya kinerjanya sesuai dengan perubahan cahaya. Kecukupan vitamin A maka penglihatan tetap normal tetapi jika kekurangan vitamin A dapat membuat penglihatan menjadi buram (rabun).
Fungsi vitamin A selanjutnya adalah menjaga sistem peredaran darah dan ketahanan tubuh. Kandungan senyawa retinol dan asam rerinoat pada vitamin A dapat pula berfungsi melancarkan sirkulasi peredaran darah. Peredaran darah yang berjalan baikl, akan menunjang kesehatan tubuh dan menjaga sistem ketahanan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah sakit.
Kemudian untuk pertumbuhan atau perkembangan sel pada tubuh. Vitamin A berfungsi membentuk protein yang bermanfaat guna perkembangan dan pertumbuhan sel-sel seperti sel / jaringan kulit, tulang dan gigi pada anak. Kecukupan vitamin A dapat menjaga kesehatan tulang dan berguna bagi pertumbuhan tulang.
Vitamin A berfungsi pula sebagai antioksidan yang sangat bagus mencegah pertumbuhan kanker dan merawat kesehatan kulit. Sebagai antioksidan, vitamin A ampuh melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas seperti serangan kanker dan masalah pada kulit. Kecukupan vitamin A memastikan optimalisasi produksi kolagen (merawat tekstur kulit) dan mengganti sel kulit mati / pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga kulit akan terjaga kesehatannya, terlindungi, kencang, dan terlihat segar.
Manfaat terakhir dari vitamin A adalah bagus dalam merawat sistem reproduksi. Vitamin A dapat meningkatkan pembentukan cairan reproduksi pada pria sehingga terjaga kesuburannya. Bagi wanita, vitamin A berguna memelihara kondisi indung telur tetap sehat. Vitamin A juga sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Pada masa kehamilan, vitamin A yang cukup, akan membantu pertumbuhan dan perkembangan organ bayi. Sehingga janin akan kuat hingga masa persalinan tiba.

Referensi:
Azzamy, 25 Jenis Buah Dengan Kandungan Vitamin A Tertinggi, https://mitalom.com/25-jenis-buah-dengan-kandungan-vitamin-a-tertinggi/, (diakses 5 April 2016)
Bebby Sekarsari, 5 Fungsi Penting Vitamin A, http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/5-fungsi-penting-vitamin-a.html, (diakses 30 November 2016)
Fajar Setiyoko, 6 Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh, http://kampoengilmu.com/manfaat-vitamin-a/, (diakses 27 Juli 2016)
Nisita Widiati, Tak Hanya untuk Mata, Vitamin A juga Memiliki 5 Manfaat Baik Ini untuk Kulit Wajah, https://journal.sociolla.com/beauty/manfaat-vitamin-a-untuk-kulit-wajah/, (diakses 4 Januari 2018)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment