Manfaat Karbohidrat | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Karbohidrat
1/ 5
by

Manfaat Karbohidrat

“Bersama protein dan lemak, karbohidrat disebut sebagai nutrisi paling penting bagi tubuh.” 
       Karbohidrat merupakan senyawa / sumber utama penyedia energi bagi tubuh. Ketika aktifitas tinggi yang membutuhkan energi lebih, maka asupan karbohidrat mesti ditambah. Kebalikannya, jika aktivitas biasa-biasa saja, maka asupan karbohidrat secukupnya saja supaya tidak terjadi berlebihnya karbohidrat yang akan membuat berat tubuh meningkat (gemuk).
Karbohidrat terbagi atas 2 jenis, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang kaya serat dan rendah gula. Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, beras, kentang, roti, gandum, jagung, dan buah-buahan. Sedangkan karbohidrat sederhana itu rendah serat dan kadar gulanya lebih tinggi, sering ditemukan pada sirup, susu, buah kalengan atau makanan olahan pabrikan yang menggunakan pemanis buatan.
Manfaat utama karbohidrat adalah penyedia atau sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat merupakan “bahan bakar” pemasok energi untuk mendukung aktivitas tubuh manusia. Sekitar 50-80% sumber energi tubuh berasal dari karbohidrat, sedang sisanya, tubuh mengambil energi dari lemak atau protein.
Ketika aktivitas tinggi tetapi asupan karbohidrat tidak seimbang (kekurangan) maka stamina menjadi kurang optimal dan tubuh akan mudah terasa lemas. Bahkan dalam jangka panjang berat badan bisa menurun jika terus menerus kekurangan karbohidrat. Sebab protein dan lemak pada tubuh akan diambil sebagai pengganti pasokan energi beraktvitas. Situasi yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan yaitu tubuh kekurangan atau defisit protein. Oleh sebab itu kecukupan asupan karbohidrat sangatlah penting.
Manfaat lain dari karbohidrat yaitu sebagai cadangan energi dan meningkatkan mood. Karbohidrat dalam tubuh, sebagiannya ada pada darah sebagai glukosa, lalu terdapat di hati dan jaringan otot yang akan diubah menjadi glikogen serta lemak sebagai cadangan energi. Karbohidrat dapat pula meningkatkan produksi hormon serotonim (hormon yang mendukung mood / membuat kenyamanan suasana hati).
Kemudian mengenyangkan tubuh atau perut adalah salah satu fungsi dari karbohidrat. Ketika makan hanya mengkonsumsi sayur atau daging saja maka perut masih terasa kurang kenyang. Hal ini disebabkan tubuh membutuhkan asupan karbohidrat seperti dari nasi, jagung atau roti untuk menyerap energi dan merasakan kenyang. Selain itu, karbohidrat juga berfungsi dalam merawat kesehatan pencernaan sebagai zat yang dapat memperlancar peristaltik usus guna memudahkan proses pembuangan feses (kotoran).
Karbohidrat bermanfaat pula sebagai energi untuk otak. Selain sebagai sumber energi bagi tubuh, karbohidat merupakan pemasok energi pada otak. Sebagian besar sel-sel tubuh mengambil glukosa dari karbohidrat untuk energi, begitu juga sel-sel otak. Apabila tubuh kekurangan asupan karbohidrat, maka kinerja otak tidak maksimal  sehingga mudah sekali lelah dan kemampuan berfikir akan berkurang.  


Sumber:
Imam Fahrudin, 7 Manfaat Dan Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh, http://www.manfaatcaramengatasi.com/2015/09/fungsi-karbohidrat.html, (diakses 9 September 2015)
Karinta Ariani Setiaputri, Berapa Batas Asupan Karbohidrat yang Ideal Per Hari?, https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/aturan-kebutuhan-karbohidrat-sehari/, (diakses 19 Februari 2018)
Lydia Natalia, Karbohidrat Serta Hubungan dengan Protein dan Lemak, https://www.kompasiana.com/missliaaa/595d080d935135707b3f8d86/karbohidrat-serta-hubungan-dengan-protein-dan-lemak, (diakses 5 Juli 2017) 

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment