Manfaat Kesehatan Beras Merah | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Beras Merah
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Beras Merah




Ada beberapa manfaat kesehatan yang didapat jika rutin mengkonsumsi beras merah. Beras merah sangat bermanfaat dalam memelihara kebugaran dan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan vitamin dan nutrisi. Tercatat pula protein beras merah lebih tinggi dari beras putih biasa.    

Dalam satu cangkir nasi beras merah mengandung 216,45 kalori, 88% kecukupan harian (Daily Value / DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, dan 3,5 gram serat / lebih tinggi dari beras putih hanya mengandung kurang dari 1 gram serat. Kandungan protein beras merah 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Beras merah juga mengandung antosianin, asam lemak alfa-linolenat, niasin, thiamin, polifenol, serat, zat besi, karbohidrat kompleks, vitamin A, dan vitamin B kompleks. Kandungan-kandungan tersebut tentu berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. 

Manfaat kesehatan beras merah selanjutnya yaitu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Beras merah dengan kulit arinya yang mengandung serat tinggi dan asam lemak esensial, sangat ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) penyebab penyakit jantung. 

Dari kandungan serat tersebut serta indeks glikemiks beras merah yang rendah (Indeks Glikemiks adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah), menjadikan beras merah efektif  guna menstabilkan kadar gula dalam darah dan mencegah resiko diabetes.

Sedangkan kandungan karbohidrat komplek dan seratnya bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap proporsional (mengontrol berat badan), memelihara kesehatan pencernaan, mensukseskan program diet, serta mencegah kegemukan atau obesitas. Karbohidrat kompleks pada beras merah membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga menurunkan intensitas keinginan memakan sesuatu atau nyemil.

Selain itu, beras merah memiliki sifat antioksidan, antikanker dan antihipertensi dari kandungan zat antosianin. Dengan rutin mengkonsumsi beras merah maka dapat mengatasi problem tekanan darah tinggi dan tubuh akan terlindungi dari efek negatif radikal bebas seperti kulit kusam, penuaan dini, tumbuhnya sel-sel kanker juga tumor.




Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment