Penyebab Diare Dan Cara Ampuh Mengatasinya | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Penyebab Diare Dan Cara Ampuh Mengatasinya
1/ 5
by

Penyebab Diare Dan Cara Ampuh Mengatasinya





“Keadaan sedang terserang diare ditandai frekuensi  buang air besar lebih sering dibandingkan biasa (buang air lebih dari 3 kali sehari) dengan tekstur fesesnya cair.”

Jangan mengganggap remeh saat terserang diare karena bisa menyebabkan dehidrasi, perut mulas sekali (nyeri sekali pada perut), tubuh akan melemah, demam, gangguan elektrolit, muntah, dan kejang. Bahkan bisa menimbulkan kematian, ketika sampai terjadi komplikasi dehidrasi atau keadaan dehidrasi yang parah. Itu sebabnya, ketika diare datang menyerang, segeralah tangani.

Munculnya diare disebabkan adanya infeksi karena adanya virus, bakteri dan parasit yang menginvasi usus. Virus atau bakteri tersebut masuk lewat makanan dan minuman yang tercemar / terkontaminasi. Pencemarannya sendiri karena kurangnya kebersihan atau bisa lewat lalat dan adanya kontaminasi dari penderita diare. Jajanan makanan / minuman pinggir jalan paling memungkinkan menyebabkan diare. Karenanya, anak-anak paling mudah terserang diare.

Ketika terserang diare, cara pertama untuk menanggulanginya yaitu mengubah menu makan, usahakanlah diganti dengan makanan yang bergizi guna mencegah kekurangan nutrisi. Cobalah makan pisang, roti bakar, nasi, biskuit, hindari makanan pedas, berminyak, mengandung alkohol, dan makanan atau minuman yang terlalu manis.

Langkah kedua yaitu perbanyak minum air putih dicampur garam atau gula secukupnya sebagai oralit untuk mengganti cairan yang hilang saat diare dan mencegah dehidrasi. Karena ketika diare tubuh akan kehilangan banyak garam dan air, berhubung frekuensi buang air besar cukup sering. 

Saat buang air besar itulah kuman penyebab diare juga dikeluarkan. Apabila kuman penyebab diare telah hilang terbawa feses yang keluar, maka berangsur-angsur diare bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika kuman belum keluar semua atau habis, maka diare belum akan sembuh.

Cara efektif terakhir untuk mengatasi diare adalah minum obat diare yang banyak dijual bebas dan jangan lupa mengikuti petunjuk pemakaiannya. Langkah ini untuk mengentalkan feses, supaya keluarnya tidak sering dan teksturnya tidak cair. Tetapi jika cara-cara tersebut sudah dilakukan selama 2 atau 3 hari namun diare tidak kunjung sembuh, ada baiknya datangi dokter, supaya mendapat penanganan lebih detail.

Referensi:
Annisa Trimirasti, 3 Cara Mengatasi Diare dengan Tepat dan Cepat!, https://www.dokterbabe.com/artikel/cara-mengatasi-diare/, (diakses 28 November 2017)

Lutfi Dwi Puji Astuti, Ciri Diare yang Berbahaya, https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1010238-ciri-diare-yang-berbahaya, (diakses 23 Februari 2018)

Tiara Putri, Waspada, Diare Bisa Sebabkan Anak Alami Dehidrasi hingga Tidak Sadarkan Diri!, https://lifestyle.okezone.com/read/2017/09/15/481/1776551/waspada-diare-bisa-sebabkan-anak-alami-dehidrasi-hingga-tidak-sadarkan-diri, (diakses 15 September 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment