Makan Tempe itu Menyehatkan | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Makan Tempe itu Menyehatkan
1/ 5
by

Makan Tempe itu Menyehatkan



Siapa yang tidak kenal tempe, makanan yang biasanya terbuat dari kedelai ini memang begitu mudah ditemukan. Selain dari kedelai, ada pula tempe berbahan dasar lain seperti dari kacang tanah, kacang hijau, dan kacang merah. Tetapi yang akan dibahas adalah tempe dengan bahan dasar dari kedelai.

Mengkonsumi tempe dari kedelai telah terbukti memberi manfaat kesehatan karena pada tempe terkandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh seperti serat pangan, protein nabati, karbohidrat, vitamin A, B kompleks, D, E, dan K. Terdapat pula zat antioksidan dalam bentuk isoflavon dan mengandung mineral seperti besi, fosor, tembaga juga zink.

Manfaat pertama tempe bagi tubuh adalah penyuplai protein yang bagus. Tempe yang berasal dari fermentasi kedelai menjadi begitu istimewa sebagai sumber protein. Protein pada tempe merupakan protein nabati yang kualitasnya sangat baik, lebih tinggi dibanding daging dan juga mudah dicerna (diserap) oleh tubuh. 

Bagi anak-anak, protein nabati tersebut dapat berguna untuk meningkatkan fungsi otak dan membantu meningkatkan kecerdasan. Sedangkan kandungan gizi dan berbagai vitamin pada tempe sangat bagus dalam menjaga kesehatan jantung dan memelihara kekebalan tubuh atau sistem imun. Manfat kesehatan selanjutnya dari tempe yaitu sebagai pemasok kalsium yang akan melindungi tubuh dari serangan osteoporosis atau kerapuhan tulang. 

Lalu tempe yang juga mengandung berberapa zat mineral sangat efektif guna mencegah anemia (kekurangan sel darah merah). Tempe dapat pula berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mengatasi efek negatif radikal bebas. Antioksidan dalam tempe berbentuk senyawa isoflavon yang bersifat antiinflamasi (anti peradangan) dan antitumor.

Manfaat kesehatan terakhir dari tempe adalah sanggup mencegah gangguan pencernaan seperti maag dan infeksi usus. Perpanduan protein dan senyawa isolavon pada tempe ampuh menjaga kesehatan sistem pencernaan, menangkal sakit maag dan mencegah peradangan atau infeksi pada saluran pencernaan.

Sumber:
Aisyah Kamaliah, Sejumlah Manfaat Tak Terduga dari Tempe, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3991913/sejumlah-manfaat-tak-terduga-dari-tempe, (diakses 26 April 2018) 

Fitri Syarifah, Bolehkah Makan Tempe Setiap Hari?, https://www.liputan6.com/health/read/2848217/bolehkah-makan-tempe-setiap-hari, (diakses 7 Februari 2017)

Gadis Rima Astari, 5 Manfaat Makan Tempe Bagi Kesehatan, https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/5-manfaat-tempe-bagi-kesehatan/, (diakses 6 September 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment