Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Ketombe | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Ketombe
1/ 5
by

Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Ketombe


Areal kepala terasa gatal karena ketombe menimbulkan rasa tidak nyaman. Belum lagi jika ketombe-ketombe tersebut jatuh ke pakaian, tentu bisa mengganggu penampilan. Ketombe merupakan pengelupasan kulit kepala juga sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menjadi serpihan-serpihan putih. Kondisi ini terjadi akibat adanya perkembangan jamur malassezia (infeksi jamur malassezia) di kulit kepala yang berminyak.

Ada beberapa faktor penyebab munculnya ketombe, yang pertama yaitu kandungan minyak yang berlebih di kulit kepala. Minyak yang berlebih ini dapat menjadi makanan bagi jamur dan membuat kulit kepala menjadi sangat lembab. Situasi yang menyuburkan untuk berkembangnya jamur malassezia.  

Kemudian stres atau kondisi mental tertekan yang terlalu lama juga bisa menyebabkan ketombean. Stres mengakibatkan terjadinya perubahan pada hormon. Keadaan ini akan menghasilkan banyak minyak, termasuk juga di areal kulit kepala yang akhirnya memicu munculnya ketombe. Itu sebabnya jika ada perasaan tertekan atau stres, segeralah atasi, supaya tidak muncul ketombe.

Faktor selanjutnya adalah kurangnya menjaga kondisi kebersihan areal kepala atau malas keramas. Walau bukan menjadi penyebab utama ketombean tetapi apabila rambut atau areal kepala tidak rutin dibersihkan (keramas), maka minyak serta sel kulit mati akan menumpuk. Belum lagi kotoran dan debu yang juga akan mengendap di kulit kepala. Kondisi ini tentu sangat berisiko memicu ketombe.

Kulit kepala yang terlalu sering terpapar sinar matahari merupakan faktor keempat timbulnya masalah ketombe. Keseimbangan kelembapan kulit kepala merupakan pencegah ketombean. Jika terlalu banyak minyak pada kulit kepala dapat menyebabkan ketombe.Tetapi jika terlalu kering akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari juga bisa memicu ketombe. Kulit kepala yang sangat kering karena sering terpapar sinar matahari akan mengelupas dan terjadi iritasi. Keadaan kulit kepala menjadi melemah dan jamur malassezia akan mudah masuk / berkembang akibatnya rentan muncul ketombe. 

Faktor terakhir yang menyebabkan munculnya ketombe yaitu salah memakai sampo atau tidak cocoknya produk shampo yang digunakan saat keramas. Tesedianya berbagai macam shampo untuk keramas karena adanya perbedaan jenis rambut dan kondisi kulit kepala. Carilah dan gunakanlah yang sesuai (cocok) dengan jenis rambut juga kondisi permukaan kulit kepala. Supaya perawatan areal kepala bisa lebih maksimal, kulit kepala terpelihara baik, terhindar dari ketombean, dan kesehatan rambut terjaga.


Sumber:

Adinda Rudystina, Berbagai Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya, https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/berbagai-penyebab-ketombe-dan-cara-mengatasinya/, (diakses 6 September 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment