Khasiat Air Rebusan Daun Salam | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Air Rebusan Daun Salam
1/ 5
by

Khasiat Air Rebusan Daun Salam



Tanaman salam atau bernama ilmiah Syzygium polyanthum ini, merupakan jenis tanaman rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masak, terutama bagian daunnya. Selain sebagai penyedap rasa, daun salam juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Pada daun salam terkandung berbagai zat penting yang dibutuhkan tubuh seperti serat, kalori, karbohidrat, mineral magnesium, potasium, kalsium, kalium, zat besi, mangan, vitamin A, B, C, D, minyak atsiri, sitral, flavonoid, polifenol, tanin, dan partenolida. 

Untuk memperoleh khasiat yang lebih dari daun salam, bisa dengan meminum air rebusannya. Caranya cukup mudah, rebus atau masukan beberapa lembar daun salam (3 – 6 lembar) ke air yang panas, diamkan beberapa saat, kemudian saring, lalu minum airnya. Dapat pula dikombinasikan dengan lemon, daun sereh atau dengan jahe, boleh juga ditambahkan sedikit madu. Air rebusan daun salam bermanfaat guna merawat kesehatan pencernaan, mengatasi gangguan pencernaan seperti mual, sakit perut, perut kembung, mulas-mulas, diare, dan cacingan. Kemampuan daun salam tersebut berasal dari kandungan metanolnya. 

Sedangkan kandungan polifenol dan flavonoidnya menjadikan daun salam bersifat antioksidan yang efektif dalam menurunkan kadar gula darah, mencegah resiko munculnya diabetes, mengontrol atau menstabilkan kadar gula pada penderita diabetes, mencegah / mengobati berbagai macam penyakit, dan memelihara kesehatan kulit. Selain itu, ekstrak air rebusan daun salam juga berkhasiat meredakan masalah tekanan darah tinggi (hipertensi), menstabilkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, menstabilkan kadar kolesterol, mencegah stroke, bagus untuk merawat kesehatan jantung, dan mencegah risiko serangan jantung.

Manfaat kesehatan selanjutnya adalah menyembuhkan asam urat, mengatasi nyeri sendi, nyeri keseleo, dan meredakan nyeri rematik. Daun salam memiliki sifat analgesik (penghilang rasa nyeri) dari kandungan minyak atsirinya yang menjadikannya dapat menyembuhkan rasa nyeri sendi. Kemudian air rebusan daun salam berguna pula menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun. Kombinasi dari kandungan zat-zat  pada daun salam, ditambah sifatnya yang analgesik, antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, membuat air rebusan daun salam ampuh melindungi tubuh dari serangan penyakit, menjaga stamina dan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Daun salam memiliki sifat antiinflmasi dan antimikroba yang berasal dari kandungan zat tanin serta flavonoidnya. Hal inilah yang membuat air rebusan daun salam disebut pula ampuh meredakan batuk, mengatasi masalah saluran pernapasan seperti pilek / flu dan mengurangi dahak. Lalu air rebusan daun salam juga efektif guna menjaga kesehatan mata, sebab daun salam mengandung vitamin A yang tinggi. Tidak hanya itu, air rebusan daun salam ternyata bisa digunakan sebagai tetes mata guna membersihkan mata dan menjernihkan penglihatan. Sedangkan dari kandungan zat partenolida, menjadikan daun salam dapat berfungsi untuk meredakan sakit kepala karena migran.



Catatan:

Sangat disarankan, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi air rebusan daun salam. Cukup satu atau 2 gelas perhari apabila ingin rutin meminumnya, maksimal 3 gelas. Sebab jika mengkonsumsinya berlebihan atau dalam jumlah yang tidak wajar, maka memungkinkan memicu masalah seperti sulit buang air besar, kecanduan dan bisa menimbulkan alergi bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui. Bagi penderita asma sangat disarankan menghindari minum air rebusan daun salam sebab dapat memperburuk keadaan.



Sumber:

Ranu Kinasti Dahayu, 33 Manfaat Daun Salam Untuk Penyembuhan Penyakit Dan Perawatan Kesehatan Dari Dalam, https://www.merdeka.com/sehat/manfaat-daun-salam-kln.html, (diakses 8 Mei 2018)


Sugiono, Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penyakit Ringan, dan Berat, https://www.dream.co.id/fresh/manfaat-daun-salam-1809278.html, (diakses 28 September 2018)


Tatik Ariyani, Bukan Hanya Bumbu Dapur, Daun Salam Punya 8 Manfaat Untuk Kesehatan, http://jabar.tribunnews.com/2018/05/11/bukan-hanya-bumbu-dapur-daun-salam-punya-8-manfaat-untuk-kesehatan-anda?page=3, (diakses 11 Mei 2018)



Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment