Beberapa Cara Efektif Menjaga Kesehatan Paru-Paru | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beberapa Cara Efektif Menjaga Kesehatan Paru-Paru
1/ 5
by

Beberapa Cara Efektif Menjaga Kesehatan Paru-Paru

“Paru-paru merupakan organ yang sangat vital, perannya sebagai pengelola oksigen begitu penting bagi tubuh.” 

Jika paru-paru bermasalah maka sistem pernapasan dan kesehatan tubuh juga akan terganggu. Oleh sebab itu paru-paru mesti dirawat kesehatannya agar proses pernafasan berjalan lancar dan tubuh tetap bugar. Ada beberapa cara yang ampuh dan mudah diterapkan guna menjaga kesehatan organ paru. 

Pertama, tinggallah di lingkungan bersih dengan kualitas udara yang. Maka ada baiknya lebih memperhatikan lingkungan kemudian memelihara, membersihkan dan merawatnya agar kualitas udara di sekitar kita tetap baik. Lalu usahakan untuk tidak merokok atau jika memang merokok coba kurangilah dan jangan berlebihan. Lebih baik lagi berhenti merokok sebab asap rokok mengandung bahan-bahan kimia yang bisa mengganggu sistem pernapasan dan merusak sel-sel / jaringan pada organ paru. 

Hindarilah polusi udara, lingkungan udara kotor tercemar, paparan asap knalpot kendaran, asap pabrik, debu, dan aroma-aroma tajam yang tak sedap seperti bau busuk atau bau basi. Kualitas udara yang buruk mesti dihindari karena bisa memicu masalah pada pernapasan, gangguan fungsi paru dan bahkan dapat menyebabkan penyakit paru. Gunakanlah masker apabila menemukan kondisi kualitas udaranya buruk atau segera pindah ke tempat yang udaranya segar.  

Kemudian jangan terlalu sering atau berlebihan meminum minuman keras / beralkohol sebab alkohol bisa menggangu kinerja dan keseimbangan kesehatan paru. Lalu penuhilah kebutuhan air putih 2 liter atau 8 gelas per hari. Air putih bermanfaat menyegarkan paru-paru karena dalam air putih terkandung oksigen. Selain itu air putih berguna pula untuk membantu proses detoksifikasi (membersihkan / mengeluarkan zat racun) pada tubuh termasuk organ-paru. 

Tips efektif menjaga kesehatan paru-paru berikutnya adalah berolahraga secara teratur atau rajin beraktivitas. Cara ini sangat bagus untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan merawat kinerjanya supaya tetap baik. Jangan pula ketinggalan menerapkan pola makan yang sehat. Paru-paru mesti diberi asupan makanan sehat yang sanggup melindungi, merawat dan memaksimalkan kinerjanya. Beberapa makanan yang bagus bagi organ paru yaitu susu, keju, ikan, kacang-kacangan, bayam, wortel, brokoli, tomat, bawang putih, jahe, apel, jeruk, alpukat, dan jenis buah berry. 

Istirahat yang cukup sekitar 7 sampai 8 jam sehari merupakan tips selanjutnya dalam memelihara kesehatan organ paru. Paru-paru tidak baik jika bekerja selama 24 jam, mesti diselingi dengan istirahat. Tujuannya untuk mengistirahatkannya dan pemulihan supaya kapasitas serta kinerjanya tetapi baik. Cara yang terakhir adalah sesekali kunjungi dokter untuk mengecek keadaan paru-paru. Hal ini agar jika ditemukan masalah pada organ paru, dapat segera diatasi.

Referensi:
Aditia Maruli Radja, 7 Hal Sederhana Ini Bisa Menjaga Paru-Paru Anda Tetap Sehat, https://www.antaranews.com/berita/554207/7-hal-sederhana-ini-bisa-menjaga-paru-paru-anda-tetap-sehat, (diakses 8 April 2016)
 

Siti Hadijah, 7 Cara Menjaga Paru-Paru Supaya Sehat Sampai Tua, https://www.cermati.com/artikel/7-cara-menjaga-paru-paru-supaya-sehat-sampai-tua, (diakses 27 September 2018)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment