Kebaikan Minum Teh Daun Mint | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Kebaikan Minum Teh Daun Mint
1/ 5
by

Kebaikan Minum Teh Daun Mint

Teh daun mint atau biasa juga disebut teh peppermint sudah sejak lama diketahui sebagai minuman sehat alami (herbal) yang sanggup memberi manfaat untuk tubuh. Teh berbahan dasar dari daun mint ini memiliki aroma yang cukup unik, terasa sedikit sejuk semriwing di mulut yang berasal dari kandungan mentolnya.

Jika ingin meminumnya, dapat membuat sendiri dengan merebus beberapa lembar daun mint, kemudian tambahkan gula atau madu supaya lebih nikmat. Bisa juga seduh dari teh peppermint kemasan, yang kini sudah banyak dijual di pasar. Walau memang tidak sepopuler teh-teh lain, tetapi sesekali cobalah minum teh daun mint ini guna memperoleh kebaikannya bagi tubuh.

Teh daun mint memiliki sifat antispasmodik yang berkhasiat melegakan saluran pernafasan, meredakan gangguan pernapasan, membantu menyembuhkan batuk, pilek, dan sakit / radang tenggorokan. Tidak hanya itu, mentol memiliki sifat antibakteri yang efektif guna menjaga kebersihan mulut, merawat kesehatan gigi dan menghilangkan bau mulut tak sedap.

Kemudian meminum teh peppermint  juga bisa mengatasi mual-mual dan muntah. Mual kemudian sampai muntah-muntah bisa terjadi kapan saja, saat sedang perjalanan menggunakan pesawat atau kapal laut. Mentol pada teh daun mint sangat ampuh dalam meredakan rasa mual tersebut.  


Walau saat di mulut terasa agak sejuk tetapi mint memberikan efek yang hangat di dalam tubuh. Sehingga teh daun mint bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, mengeluarkan keringat dan menyembuhkan demam. Selain dapat membuat hangat tubuh, teh daun mint dengan aroma minyak peppermintnya berkhasiat dalam mengendalikan nafsu makan. Kondisi ini membuat teh daun mint disebutkan ampuh guna membakar lemak dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Teh daun mint juga sering digunakan sebagai aromaterapi meredakan perasaan tertekan atau stres sebab aroma daun mint mampu menenangkan perasaan, meringankan ketegangan pikiran dan membantu suasana hati menjadi nyaman / rileks. Sedangkan dari kombinasi kandungan vitaminnya dan sifatnya yang antioksidan, menjadikan teh daun mint ini sangat bagus dalam menjaga serta meningkatkan sistem imun (ketahanan tubuh).

Catatan:

Walau teh daun mint memberikan cukup banyak kebaikan bagi kesehatan, tetapi sangat penting diperhatikan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah secukupnya (sewajarnya) saja, jangan berlebihan atau terlalu banyak meminumnya. Sebab kadar mint yang terlalu belebih kadang memungkinkan menimbulkan efek negatif seperti iritasi kulit, gatal, kemerahan, iritasi pada lambung, dan efek yang paling buruk dapat mengakibatkan gangguan fungsi seks serta hormonal bagi pria.

Sedangkan bagi wanita yang sedang hamil, disarankan selama masa kehamilan tersebut hindari dahulu meminum teh daun mint atau mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung mint, apalagi mengkonsumsinya secara berlebihan (terlalu banyak). Karena dapat memicu terjadinya kontraksi rahim, bahkan efek yang paling buruk bisa menyebabkan keguguran.


Sumber:


Marsita Riandini, Khasiat Daun Mint, https://www.pontianakpost.co.id/khasiat-daun-mint, (diakses 20 Mei 2016)
Monalisa Darwin, Menelisik Manfaat Teh Peppermint Bagi Kesehatan, http://intisari.grid.id/read/0336754/menelisik-manfaat-teh-peppermint-bagi-kesehatan?page=all, (diakses 21 Februari 2016)


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment