Apa Itu Penyakit Autoimun | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Apa Itu Penyakit Autoimun
1/ 5
by

Apa Itu Penyakit Autoimun


“Autoimun adalah ganguan / eror pada kinerja sistem imunitas. Sel-sel dalam tubuh sudah tidak mengenal sel-sel satu dengan yang lainnya. Sel imun yang mestinya melindungi tubuh tetapi malah memusuhi sel-sel sehat.”


Adanya gen yang berasal dari beberapa sumber seperti bakteri, obat-obatan, zat-zat tak aman bagi tubuh, kerusakan sel dan sebagainya yang membuat terganggunya sistem imun. Kinerja sistem imun eror, terjadilah mutasi gen pada sel imun, sifat sistem imun berubah dari yang awalnya berfungsi melindungi tubuh kemudian malah menyerang (menggerogoti) tubuh, sel / jaringan sehat dan organ-organ.

Penyebab utama autoimun belum diketahui pasti. Namun penelitian menyebutkan ada beberapa hal yang memicu terjadinya penyakit autoimun, yaitu :
  1. Faktor genetik
  2. Stress
  3. Lingkungan/ makanan
  4. Hormon
  5. Infeksi
Efek dari autoimun akan menimbulkan masalah-masalah kesehatan, mengganggu saraf, organ, dan memicu munculnya penyakit lain, seperti :
  1. Diabetes tipe 1
  2. Penyakit lupus
  3. Radang sendi
  4. Rematik
  5. Multiple Sclerosis, rasa sering kelelahan, gampang pusing
  6. Radang usus
  7. Penyakit Grave, ciri-cirinya rambut rontok, mata normal berubah menjadi melotot, berat badan menurun drastis, jantung berdebar
  8. Terus merasa lelah/ letih berkepanjangan
  9. Terasa kesemutan di tangan dan kaki

Seseorang yang sedang terserang autoimun akan menunjukkan tanda-tanda atau gejala seperti kesulitan konsentrasi, kulit sensitif, gatal bahkan sakit kulit, sering merasa demam, rambut rontok, nyeri otot, ngilu, sering sakit perut, dan timbul peradangan.

Untuk memastikan seseorang mengidap  autoimun atau tidak, mesti ada hasil diagnosa dari dokter. Konsultasikan pada dokter jika ada gejala-gejala kemudian melakukan tes kesehatan yang disebut ANA (Antinuclear Antibodies test). Jika diagnosa ANA menunjukkan hasil yang positif maka baru bisa disebut mengidap penyakit autoimun.

Penelitian dunia kedokteran telah menyimpulkan bahwa penyakit autoimun tidak bisa disembuhkan tetapi kekuatan penyakit autoimun bisa dilemahkan / diredam. Cara untuk meredam eksistensi autoimun adalah dengan memperbaiki kualitas cara hidup (memulai menerapkan gaya hidup sehat), mengkonsumsi makanan sehat, lebih bagus mengkonsumsi makanan organik, lalu olahraga, dan minum obat yang dinamakan steroid. 



Sumber:

Anita K Wardhani, Penderita Penyakit Autoimun Tak Bisa Makan Sembarangan, http://www.tribunnews.com/kesehatan/2018/07/30/penderita-penyakit-autoimun-tak-bisa-makan-sembarangan, (diakses 30 Juli 2018)

dr. Lisa Silvani, Apa Itu Gangguan Autoimun dan Bagaimana Mencegahnya?, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/apa-itu-gangguan-autoimun-dan-bagaimana-mencegahnya/, (diakses 17 April 2018)

Fitri Haryanti Harsono, Waspadai 9 Gejala Penyakit Autoimun, https://www.liputan6.com/health/read/3277672/waspadai-9-gejala-penyakit-autoimun, (diakses 12 Februari 2018)

Lily Turangan, Kenali 5 Penyakit Gejala Gangguan Autoimun, https://lifestyle.kompas.com/read/2016/07/22/170700123/Kenali.5.Penyakit.Gejala.Gangguan.Autoimun, (diakses 22 Juli 2016)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment