Istimewanya Bawang Hitam | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Istimewanya Bawang Hitam
1/ 5
by

Istimewanya Bawang Hitam

 
“Bawang hitam merupakan bawang putih yang telah melalui proses fermentasi,tujuannya agar kualitas dan khasiat bawang putih menjadi lebih bagus.” 


        Proses fermentasi dilakukan pada suhu sekitar 70 derajat celsius selama 3 minggu. Kestabilan suhu wajib terjaga selama fermentasi, oleh sebab itu 3 atau 4 hari sekali mesti mengontrol proses. Reaksi dari proses tersebut akan membuat penampilan kulitnya jadi agak kecoklatan, daging bawang putih jadi kehitaman, beberapa senyawa mengalami peningkatan level, dan fungsi serta khasiatnya dipercaya lebih istimewa.

Ketika fungsinya dikembalikan sebagai bumbu masak, maka rasa masakan diyakini dapat lebih lezat dan sekaligus tubuh akan memperoleh manfaat kesehatannya. Jadi untuk mendapat kebaikan / manfaat kesehatan dari bawang hitam, caranya bisa dimakan langsung atau dicampur dalam berbagai masakan. Tidak mengherankan jika harga makanan dengan campuran bawang hitam biasanya sedikit lebih mahal. 

Saat telah menjadi bawang hitam, kualitas level antioksidannya lebih tinggi (2 kali lebih kuat) dari bawang putih standar biasa. Sebagai sumber antioksidan dengan level yang kuat, menjadikan bawang hitam sangat bagus untuk menekan risiko kerusakan jaringan, sel dan organ-organ tubuh akibat efek negatif radikal bebas. 

Keistimewaan lain bawang hitam adalah memiliki sifat antibiotik, antijamur, antiinflamasinya yang lebih tinggi dari bawang putih. Kegunaannya sangat ampuh mencegah adanya pertumbuhan sel-sel tumor, kanker, mengatasi berbagai jenis infeksi, mengurangi dan bahkan menyembuhkan ganguan peradangan seperti radang sendi, nyeri otot dan radang lainnya.  

Kemudian bawang hitam juga sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Peningkatan beberapa senyawa setelah proses fermentasi ditambah level antioksidannya yang bagus menjadikan bawang hitam sangat istimewa guna memelihara ketahanan tubuh. Sistem imun yang baik akan memperkuat tubuh, melindungi dari serangan berbagai penyakit dan menjadikan tubuh tidak mudah sakit.

Penelitian menyebutkan pula bawang hitam efektif untuk mencegah serangan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan bawang hitam sangat baik dalam mengatur / mengontrol kadar gula darah tetap normal (stabil). Bawang hitam ditengarai bisa membantu tubuh memproduksi insulin, suatu zat penting guna menekan kadar gula darah.

Penelitian juga mengatakan bahwa bawang hitam mengandung senyawa S-allylcysteine dan organsulfur. S-allylcysteine diperoleh dari proses fermentasi yang mengubah kandungan senyawa allicine pada bawang putih menjadi senyawa S-allylcysteine. Sama khasiatnya seperti allicine yang sanggup menurunkan kolesterol jahat, tetapi kualitas senyawa S-allylcysteine ini diyakini lebih ampuh dan lebih baik dari allicine.

Sedangkan zat organosulfur pada bawang hitam bisa berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, sirkulasi aliran darah pun berjalan lancar. Itu sebabnya disebutkan bawang hitam bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah, menjaga tekanan darah agar tetap normal dan mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Kondisi kadar kolesterol yang selalu terjaga baik dan tekanan darah yang terus normal akan sangat bagus bagi kesehatan organ jantung. 

Keistimewaan berikutnya dari bawang hitam adalah efektif menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan bawang hitam mengandung senyawa tiosulphinate yang dapat membantu tubuh menghasilkan kolagen. Kolagen berguna bagi sel kulit, merawat jaringan kulit dan mengatasi berbagai gangguan pada kulit. 

Kemudian fungsi lain dari bawang hitam berturut-turut yaitu, menurunkan/mencegah demam, meringankan sakit gigi, mencegah obesitas, membantu metabolisme, membantu memperlancar detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh), menjaga kesehatan organ hati, mengatasi masalah pernafasan, dan mengatasi problem tubuh mudah lelah.

Sumber:
Indira Rezkisari, Mengenal Khasiat Bawang Putih Hitam, http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/14/1/05/ncy279-mengenal-khasiat-bawang-putih-hitam, (diakses 05 Oktober 2014)

Pipin Tri Anjani, 5 Manfaat Bawang Hitam yang Jarang Diketahui, Cegah Risiko Kanker Hingga Turunkan Berat Badan, http://jatim.tribunnews.com/2018/12/04/5-manfaat-bawang-hitam-yang-jarang-diketahui-cegah-risiko-kanker-hingga-turunkan-berat-badan, (diakses 4 Desember 2018)

Umi Septia, Mengenal Bawang Hitam dan Khasiat bagi Kesehatan, https://www.liputan6.com/health/read/3065081/mengenal-bawang-hitam-dan-khasiat-bagi-kesehatan, (21 Agustus 2017)







Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment