Tips Jitu Membuat Kulit Sehat Bersinar | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Tips Jitu Membuat Kulit Sehat Bersinar
1/ 5
by

Tips Jitu Membuat Kulit Sehat Bersinar



           Banyak orang khususnya wanita menginginkan penampilan yang enak dilihat dengan kulit cerah bersinar. Guna mencapai keinginan tersebut perawatan kesehatan kulit menjadi hal penting. Kemudian beberapa cara tambahan juga dilakukan agar kulit jadi benar-benar segar, sehat, kencang, dan tampak halus. Berikut akan dijelaskan beberapa tips efektif membuat kulit sehat bersinar.

Cara pertama agar kulit menjadi sehat bersinar adalah istirahat yang cukup. Tujuannya agar kulit tidak menjadi kusam, nampak lelah dan berkerut. Supaya mencapai kecukupan istirahat maka mesti mendapat kualitas tidur yang baik. Untuk itu lakukanlah durasi tidur yang standar sekitar 6 - 8 jam per hari. Kemudian hindari pula perasaan tertekan atau stres yang berlarut-larut. Sebab keadaan terlalu lama stres dapat membuat tidur tidak nyenyak serta menimbulkan masalah pada kesehatan kulit seperti gatal, muncul kerutan, mengganggu proses regenerasi sel kulit, dan bahkan bisa merusak keadaan kulit. 

Tips berikutnya yaitu terapkan pola makan sehat dengan lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah yang dimaksud adalah bayam, tomat, brokoli, alpukat, buah delima, strawberry, dan pepaya. Kandungan nutrisi, vitamin dan protein pada sayuran serta buah-buahan tersebut efektif menyehatkan, mencerahkan, menghaluskan kulit dari dalam.

Rutin berolahraga atau rajin beraktivitas juga merupakan salah satu cara yang ampuh dalam menggapai kulit sehat bersinar. Dengan olahraga atau rajin beraktivitas maka sirkulasi aliran darah ke seluruh bagian tubuh termasuk ke jaringan kulit menjadi optimal. Kulit akan menerima asupan oksigen serta nutrisi yang cukup. Hal ini sangat baik bagi kesehatan kulit. Olahraga juga sangat baik membentuk elastisitas kulit menjadi kencang.

Lalu penuhilah kecukupan kebutuhan air putih dengan mengkonsumsi air putih sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari. Tujuannya agar tubuh tak kekurangan cairan dan menyuplai cairan ke jaringan kulit agar kulit terjaga kelembapan serta kelembutannya. Kemudian sesekali boleh ditambah mengkonsumsi minuman herbal atau jamu-jamuan untuk mencerahkan, memutihkan serta mempercantik kulit seperti jamu beras kencur, teh hijau, wedang jahe, ramuan madu ditambah sereh, dan jamu kunyit asam.

        Selanjutnya perhatikanlah kesehatan kulit, keadaan permukaan kulit, jaga baik-baik, dan lakukan perawatan kulit. Caranya biarkan kulit tersentuh sinar matahari pagi sebentar saja agar proses peremajaan sel kulit jadi maksimal dan gangguan-gangguan kulit seperti jerawat atau kuman yang menempel juga dapat teratasi. Usahakanlah hindari terlalu sering terkena paparan udara kotor / tercemar supaya kulit tidak kusam, terhindar dari kuman dan terjaga kesegarannya. Lalu sebelum tidur malam, ada baiknya bersihkan kulit, boleh juga memakai lulur atau masker. Masker atau lulur berfungsi menghaluskan kulit, mencerahkan kulit, memberi nutrisi bagi kulit serta mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

Cara terakhir agar kulit sehat bersinar adalah menggunakan pelembab. Tujuannnya untuk melindungi kulit dari panas atau paparan sinar matahari yang terlalu lama. Paparan sinar matahari jika hanya sedikit saja mengenai kulit akan memberi kebaikan bagi kulit. Tetapi jika kulit terlalu lama / keseringan terpapar sinar matahari (sinar UV) maka dapat menyebabkan gangguan kulit seperti timbul flek, kerutan atau warna rona kulit jadi tidak merata.   


Sumber:

Marga Apsari, 7 Cara Merawat Kulit agar Cerah dan Bersinar dengan Budget yang Minim, https://kawaiibeautyjapan.com/article/4687/7-cara-merawat-kulit-agar-cerah-dan-bersinar-dengan-budget-yang-minim, (diakses 7 Maret 2017)

Teguh Widjaja, 10 Cara Merawat Wajah Secara Alami Agar Sehat Dan Tidak Kusam, https://www.merdeka.com/gaya/cara-merawat-wajah-kln.html, (diakses 1 Februari 2018)

Wisnubrata, 8 Tips untuk Mendapatkan Kulit Sehat Bersinar, https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/12/050500720/8-tips-untuk-mendapatkan-kulit-sehat-bersinar, (diakses 12 November 2018)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment