Manfaat Kesehatan Sawi Hijau | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Sawi Hijau
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Sawi Hijau


          Tanaman sawi terbagi atas 2 macam yaitu sawi putih dan sawi hijau. Untuk pembahasan kali mengenai manfaat kesehatan sawi hijau. Sawi hijau yang bernama latin Brassica rapa var. parachinensis L, merupakan jenis sayuran yang mudah didapat dan rasanya tergolong enak. Sering dikonsumsi dijadikan lalapan, sayur ditumis atau sebagai pelengkap makanan lain.

Walau tergolong sayuran yang harganya relatif murah tetapi didalamnya terkandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, B kompleks, C, K, serat, kalori, kalsium, potasiun, sodium, folat, senyawa flavonoid, lutein, sulforaphane, fitokimia glukosinolat, dan fitonutrien. Selain itu, sawi hijau memiliki sifat antiinflamasi sebagai pencegah peradangan atau bengkak-bengkak di bagian tubuh dan sifat antioksidan dari kandungan fitonutrein yang berguna untuk melawan diabetes serta bahaya efek negatif radikal bebas. Terdapat pula sifat antikanker dari kandungan fitokimia glukosinolat.

Berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya, membuat sawi hijau bermanfaat sebagai penyuplai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Kandungan sulfur dan sifatnya yang antioksidan efektif membantu memperlancar proses detoksifikasi (pembuangan zat racun dari dalam tubuh). Fungsi lain dari sawi hijau adalah menjaga penglihatan sebab sawi hijau mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan organ mata. 

          Sawi hijau memiliki sifat antikanker dari senyawa fitokimia glukosinolat yang ampuh untuk mengatasi tumbuhnya sel-sel kanker. Mengkonsumsi sawi hijau dapat pula membantu memperlancar proses buang air besar. Serat pada sawi hijau sangat ampuh dalam mengatasi gangguan pada pencernaan seperti susah buang air besar. Manfat selanjutnya dari sawi hijau yaitu memelihara ketahanan tubuh. Sawi hijau dengan kandungan vitamin C dan berbagai nutrisinya sangat efektif guna menjaga sistem imun sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit. 

nbsp;          Vitamin C dengan sifat sawi hijau yang antioksidan juga bisa berfungsi untuk merawat kesehatan kulit. Karena vitamin C dan sifat antioksidan dapat membantu tubuh dalam proses regenerasi sel-sel kulit, mencerahkan kulit, melindungi permukaan kulit dari efek negatif radikal bebas, dan mencegah penuaan dini. Kemudian khasiat terakhir dari sawi hijau adalah sangat baik guna kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan sawi hijau mengandung senyawa kalsium  yang merupakan zat yang dibutuhkan tulang.

 
Referensi: 



Wulan Rizqianti Aulia, Sehat dengan Segudang Manfaat dari Sawi Hijau, http://www.tribunnews.com/tribunners/2017/02/22/sehat-dengan-segudang-manfaat-dari-sawi-hijau, (diakses 22 Februari 2017)


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment