Mengenal Manfaat Kesehatan Yoga | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Mengenal Manfaat Kesehatan Yoga
1/ 5
by

Mengenal Manfaat Kesehatan Yoga



“Seni olahraga yoga tidak hanya demi kebugaran jasmani tetapi bertujuan  juga untuk menggapai ketenangan hati atau pikiran."

Salah satu jenis olahraga ini menjadi tren belakangan ini lebih banyak digemari para wanita sebab gerakannya mudah diterapkan. Gerakan olahraga yoga terlihat seperti perpaduan senam dan meditasi. Hal ini dikarenakan yoga tidak hanya tentang seni mengolah jasmani tetapi keadaan jiwa juga diperhatikan. Olahraga yoga terbagi atas 5 jenis, yaitu Yoga Hatham Yoga Ashtanga, Yoga Power, Yoga Bikram, Yoga Iyengar, dan Yopga Kundalini. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat kesehatan dari yoga. 

Manfaat pertama dari yoga adalah menjaga ketahanan atau sistem imun tubuh. Rangkaian gerakan yoga dapat memperkuat otot-otot, memperlancar pernapasan, mengoptimalkan sirkulasi aliran darah, dan memperbaiki posisi tubuh yang sebelumnya kurang tepat. Kondisi yang sangat baik  guna memelihara kekuatan tubuh. Tidak hanya itu, dengan optimalnya sirkulasi aliran darah maka kesehatan jantung juga akan terpelihara baik. 


Kemudian yoga berfungsi pula untuk mengurangi stres, meredakan pikiran tegang / negatif, perasaan tertekan, dan suasana hati kalut. Yoga memang bukan hanya olahraga jasmani tapi gerakan-gerakan yoga juga memperhatikan ketenangan dan kedamaian hati. Hal inilah mengapa disebutkan yoga dapat membantu mengurangi keadaan yang sedang tertekan atau stres.  


Selanjutnya manfaat kesehatan dengan rutin melakukan yoga yaitu memperoleh kualitas tidur dan istirahat yang baik. Olahraga yoga dengan manfaat yang sudah disebutkan di atas seperti menenangkan pikiran dan melancarkan sirkulasi darah akan sangat berguna bagi tubuh untuk beristirahat atau tidur malam dengan nyenyak. Saat tidur dengan nyenyak maka kualitas tidur yang cukup akan diraih. Efek positifnya, tubuh terasa bugar saat bangun pagi hari, penampilan jadi terlihat lebih semangat, berenergi sepanjang siang, dan tubuh tidak mudah sakit.

Lalu yoga bermanfaat pula dalam menjaga berat badan agar tetap proporsional. Sama seperti olahraga lainnya yang berfungsi mempertahankan berat badan yang ideal, begitu juga olahraga yoga. Manfaat kesehatan yang terakhir dari yoga adalah mencegah penuaan dini. Keadaan tubuh yang bugar, sehat, peredaran darah optimal, kualitas tidur yang baik, akan berguna bagi kesehatan kulit. Apabila kulit terjaga kesehatannya maka penampilan akan terlihat segar, awet muda dan terhindar dari penuaan dini.



Sumber:

dr. Kevin Adrian, Maksimalkan Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga, https://www.alodokter.com/maksimalkan-manfaat-yoga-untuk-kesehatan-jiwa-dan-raga, (diakses 28 Oktober 2018)

Serlina, 4 Alasan Mengapa Yoga Menjadi Olahraga Paling Tepat Untuk Wanita Gemuk!, http://beautynesia.id/12917, (diakses 3 Juni 2017)

Wisnubrata, 3 Manfaat Yoga Berdasarkan Penelitian, https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/10/050500920/3-manfaat-yoga-berdasarkan-penelitian, (diakses 10 Oktober 2018)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment