Khasiat Tanaman Rosella | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Tanaman Rosella
1/ 5
by

Khasiat Tanaman Rosella

        
Tanaman rosella memiliki sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antibiotik.“
 
      Rosella merupakan jenis tanaman perdu (semak) yang bernama Latin Hibiscus Sabdariffa L. Sudah bukan rahasia lagi kalau tanaman yang satu ini sangat istimewa karena selain bunganya indah dipandang, rosella juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan atau bisa dijadikan obat herbal. Kemampuannya sebagai tanaman herbal tak terlepas dari beberapa kandungannya seperti serat, vitamin A, B, C, D, omega-3, asam amino, asa organik, antosianin, flavonoid, kalsium, senyawa arginin, legnin, dan fenolik

Guna memperoleh khasiatnya, tanaman dengan bunga yang berwarna merah ini sering dibuat sebagai bahan minuman segar seperti sirup atau teh. Bagian tanaman rosella yang paling sering dijadikan minuman sehat yang menyegarkan atau obat herbal adalah bagian kelopak bunganya. Selain bagian bunga, bagian daun rosella juga bisa dikonsumsi biasanya dijadikan ulam atau salad. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat kesehatan dari teh atau sirup bunga rosella. Khasiat pertama adalah mengontrol tekanan darah yang akan berguna mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit jantung. 
Kandungan asam organik, flavonoid, serat, dan vitamin C pada rosella berkhasiat untuk mengurangi derajat kekentalan darah, menghancurkan plak di dinding pembuluh darah, melancarkan peredaran darah dan menstabilkan tekanan darah. Hal ini sangat bagus guna menjaga kesehatan darah, optimalisasi sirkulasi darah, mencegah hipertensi dan sakit jantung. Kandungan seratnya dapat pula mengatasi gangguan buang air besar atau sembelit. Sedang kandungan vitamin C berfungsi juga dalam menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah diserang penyakit. 

Apabila sedang melakukan diet, maka minum teh rosella bisa dijadikan pilihan agar proses diet bisa sukses. Sebab kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada rosella efektif menghancurkan lemak jahat atau timbunan lemak. Khasiat selanjutnya dari teh rosella yaitu sanggup mencegah kanker dan penyakit diabetes. Bunga rosella memiliki sifat antioksidan dari kandung senyawa fenoliknya yang sangat ampuh mengatasi serangan diabetes dan pertumbuhan sel-sel kanker. 

Kemudian dari sifatnya yang antioksidan dan juga antibiotik, rosella berkhasiat pula menetralisir zat-zat racun yang masuk ke dalam tubuh serta melindungi tubuh dari kuman atau bakteri penyebab infeksi. Manfaat kesehatan terakhir dari teh rosella adalah bagus untuk merawat kesehatan kulit. Rosella mengandung senyawa argini dan legnin yang berperan membantu proses peremajaan sel / jaringan tubuh termasuk sel kulit. Sehingga kulit tetap sehat, menjadi lebih cerah, halus, dan  terhindar dari penuaan dini.  

Sumber:

Dian Lestari Ningsih, 12 Penyakit yang Bisa Disembuhkan Bunga Rosella, https://www.viva.co.id/blog/kesehatan/600358-12-penyakit-yang-bisa-disembuhkan-bunga-rosella, (diakses 12 Maret 2015) 

Ismaya Indri Astuti, 10 Khasiat Bunga Rosella, https://www.fimela.com/beauty-health/read/3830317/10-khasiat-bunga-rosella, (diakses 5 November 2013) 

Sarah R. Megumi, Tanaman Rosella, Si Merah yang Penuh Khasiat, https://www.greeners.co/flora-fauna/tanaman-rosella-si-merah-penuh-khasiat/, (diakses 7 April 2017)


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment