Kebaikan Minum Teh Jahe Kunyit Kayu Manis | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Kebaikan Minum Teh Jahe Kunyit Kayu Manis
1/ 5
by

Kebaikan Minum Teh Jahe Kunyit Kayu Manis



“Mendengar minuman teh yang dibuat dari perpaduan bahan-bahan rempah alami yaitu jahe, kunyit dan kayu manis, pastilah kita langsung berpikir teh ini merupakan minuman yang menyehatkan.”

Walau disebut teh jahe kunyit kayu manis, tetapi minuman ini bisa dimasukan ke dalam kategori obat herbal dan boleh saja disebut jamu atau minuman kesehatan. Jika bahan-bahan yang digunakan pada teh ini dikupas satu persatu, maka bisa dilihat betapa baiknya bagi tubuh. Jahe adalah salah satu jenis tanaman rempah yang sudah terkenal sebagai bahan obat. Jahe berkhasiat guna meredakan demam, mengatasi flu, peradangan, menghangatkan badan, mengontrol kadar gula, dan sebagainya.


Sedang kunyit juga merupakan jenis tanaman rempah. Selain sebagai bumbu masak (membuat warna kuning pada makanan lewat bahan alami), kunyit sudah dikenal pula sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa khasiat kunyit yaitu  meredakan nyeri sendi, melindungi tubuh dari efek radikal bebas sebab kunyit memiliki sifat antioksidan, kemudian meredakan gangguan pencernaan seperti sakit perut dan perut kembung.  

Kayu manis termasuk juga jenis tanaman rempah-rempahan yang memiliki sifat antibiotik dan antimikroba sehingga dapat pula dijadikan obat atau minuman herbal. Khasiat kayu manis antara lain bagus guna membantu program diet, baik untuk merawat kesehatan kulit, memelihara jantung, ampuh melindungi tubuh dari serangan diabetes dan kanker. Ketika ketiga jenis tanaman rempah tersebut dipadu dalam satu minuman dan kemudian rutin dikonsumsi, tentu akan memberi kebaikan bagi kesehatan tubuh. Khasiat teh jahe kunyit kayu manis yang paling utama adalah sangat ampuh meredakan sakit tenggorokan.

Kemudian manfaat lainnya yaitu menyegarkan badan, memelihara ketahanan tubuh (sistem imun), melawan zat-zat racun yang ada dalam tubuh, mengatasi efek negatif radikal bebas, merawat kesehatan kulit, meredakan dan melindungi tubuh dari serangan sakit flu serta batuk. Cara membuat teh jahe kunyit kayu manis ini sangat mudah. Rebus ketiga bahan jahe, kunyit, kayu manis tersebut pada satu wadah, tiriskan / saring, lalu air rebusan itu boleh ditambahkan sesuai selera sedikit gula atau susu. Sekarang minuman teh ini sudah tersedia pula dalam bentuk produk kemasan, bisa diperoleh di toko, pasar atau toko online, kemudian kita tinggal menyeduhnya di rumah.

Sumber:
Abdul, MinumanTeh Jahe Kunyit Kayu Manis untuk Meredakan Sakit Tenggorokan, https://ohayo.co.id/meredakan-sakit-tenggorokan/, (diakses 24 Februari 2019)

Andisa Shabrina, 6 Manfaat Rajin Minum Air Jahe untuk Kesehatan, Plus Cara Membuatnya, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-minum-air-jahe-resep/, (diakses 20 Juli 2018)

Sonny Wakhyono, Kaya Antioksidan Melebihi Jahe, Ini 7 Khasiat Kayu Manis, https://fajar.co.id/2019/01/12/kaya-antioksidan-melebihi-jahe-ini-7-khasiat-kayu-manis/, (diakses 12 Januari 2019)


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment