Manfaat Kesehatan Sawi Putih | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Sawi Putih
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Sawi Putih

“Sawi putih merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, sangat berguna bagi tubuh.”
 
      Jenis tanaman sayuran yang satu ini terbilang enak rasanya dan cukup mudah didapat. Banyak orang yang gemar mengkonsumsi sawi putih, sering dibuat sayur tumis atau capcay. Walau begitu, belum banyak yang menyadari kalau sawi putih memiliki beberapa khasiat penting bagi tubuh. Untuk itu kita akan membahas khasiat atau manfaat kesehatan dari sawi putih.

Terdapat beberapa kandungan vitamin dan mineral dalam sawi putih seperti vitamin A, B, C, D, E, K, mineral kalium, kalsium, magnesium, zat besi, dan fosfor. Salah satu yang mineral yang paling menonjol dari sawi putih adalah kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi. Kalsium berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Rutin mengkonsumsi sawi putih maka bisa dipastikan kesehatan tulang akan terjaga dan terhindar dari masalah osteoporosis (kerapuhan tulang). 

Kemudian sawi putih bermanfaat pula membantu tubuh mengoptimalkan proses detoksifikasi. Kandungan sulfur, serat, klorofil, dan memiliki sifat antioksidan, menjadikan sawi putih efektif guna membantu tubuh mengeluarkan zat-zat kotor / racun yang ada di dalam tubuh. Kandungan serat dan sifatnya yang antioksidan tersebut  menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah diabetes. Kandungan serat juga bisa berfungsi guna mencegah obesitas (kegemukan). Bagi yang sedang melaksanakan program diet atau merasa kelebihan berat badan, maka mengkonsumsi sayur sawi putih bisa dijadikan solusi utama. 

Selanjutnya sawi putih berkhasiat dalam menunjang penampilan atau kecantikan. Pada sawi putih terkandung vitamin A dan C yang efektif guna memelihara kesehatan kulit serta rambut. Kulit sehat, cerah dan rambut segar berkemilau akan diperoleh bila rutin mengkonsumsi sawi hijau. Kandungan vitamin C ini juga bermanfaat menjaga ketahanan tubuh (sistem imun), mengatasi kolesterol jahat, menghindari penyakit jantung, serta melindungi tubuh dari serangan penyakit sariawan, bibir pecah-pecah dan gusi berdarah.



Sumber:

Achmad Sulaiman, Sayur Sawi, Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, https://nusantaranews.co/sayur-sawi-kandungan-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan/, (diakses 23 September 2017)

Desi Sintia Kresnawati, Melirik Manfaat Sawi Putih yang Sangat Menakjubkan, https://www.solusisehatku.com/melirik-manfaat-sawi-putih-yang-sangat-menakjubkan, (diakses 9 Desember 2015)
Dian Lestari Ningsih, Manfaat Sawi Putih bagi Kesehatan, https://www.viva.co.id/blog/kesehatan/739850-manfaat-sawi-putih-bagi-kesehatan, (diakses 24 Februari 2016)
 



Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment