Apa Itu Selulit, Bagaimana Cara Penanganannya? | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Apa Itu Selulit, Bagaimana Cara Penanganannya?
1/ 5
by

Apa Itu Selulit, Bagaimana Cara Penanganannya?


“Selulit memang tidak membahayakan tetapi membuat setiap orang yang bagian tubuhnya terdapat selulit biasanya akan merasa risih, terganggu penampilannya dan menjadi kurang percaya diri.” 


              Banyak orang mengalami selulit, terutama pada kaum perempuan dan mereka yang sudah berumur. Kulit wanita lebih tipis daripada pria, struktur jaringan ikat kulit pada wanita berbentuk vertikal sedang pria berbentuk diagonal. Hal inilah yang menyebabkan pada wanita mudah terlihat adanya selulit. Sedang pada orang yang sudah tua, permukaan kulitnya mulai menipis, mengendur sehingga selulit begitu terlihat.

               Selulit sendiri merupakan keadaan permukaan kulit yang bergelombang, nampak kendur di beberapa bagian tubuh seperti pinggang, betis, lengan, paha, dan pinggul. Beberapa faktor penyebab selulit yaitu struktur kulit (bentuk jaringan ikat kulit), tubuh terlalu banyak lemak, pola makan yang buruk, usia, kurang aktivitas atau olahraga, gangguan metabolisme, dan adanya perubahan hormon. Selulit tidak bisa dihilangkan sepenuhnya tetapi selulit bisa dikurangi / disamarkan. Berikut ini dijelaskan beberapa cara penanganan selulit.


                 Minum air putih sekitar 2 liter per hari atau 8 gelas setiap hari merupakan salah satu cara untuk menangani selulit. Cara ini diyakini ampuh mencegah timbulnya selulit dan juga menyamarkan selulit. Selulit itu akan nampak jelas ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka untuk mengatasinya mesti memenuhi kebutuhan air putih. Selanjutnya cara menangani selulit yaitu olahraga secara rutin. Dengan rutin berolahraga, timbunan lemak bisa hilang, otot-otot terlatih, lalu metabolisme tubuh akan berjalan optimal, permukaan kulit menjadi kencang, dan selulit pun bisa ditekan. 

                   Kemudian ubah pola makan, kurangi mengkonsumsi panganan tinggi kolesterol dan berlemak. Konsumsilah lebih banyak makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan. Tujuannya agar tubuh terhindar dari kelebihan lemak dan kegemukan. Sehingga terjadinya selulit bisa dicegah, diminimalisir atau jika sudah timbul selulit maka dapat disamarkan. Terapi spa dan rajin pijat juga sangat dianjurkan dalam penanganan selulit. Kedua terapi ini efektif mengurai cairan di bawah kulit, mengoptimalkan sirkulasi darah, tampilan kulit lebih segar juga kencang, dan diharapkan selulit akan teratasi.

                    Cara berikutnya adalah melulurkan masker atau membasuh area selulit dengan minyak zaitun, minyak kelapa, tomat, lemon, wortel, ampas kopi, lidah buaya, dan cuka apel. Fungsinya adalah mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan tekstur kulit. Hal ini sangat bagus untuk menyamarkan selulit juga mencegah timbulnya selulit. Boleh ditambah meminum jamu atau ramuan herbal alami yang baik untuk kesehatan kulit seperti ramuan kayu manis, jamu dari kunyit dan mengkonsumsi jus lemon. 


                      Tips terakhir yaitu melakukan perawatan tubuh penanganan selulit di klinik kecantikan dan berkonsultasi serta melakukan terapi dengan bimbingan ahli atau dokter spesialis kulit. Namun cara yang satu ini biasanya menguras kantong, sebab menggunakan teknologi, peralatan canggih, memakai obat, serum, dan krim yang harganya cukup mahal. Belum lagi mesti membayar tenaga terapis atau dermatolog (ahli) untuk biaya konsultasi.   


Referensi:

Ainjia Phioltia Paat, 9 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Selulit, http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/3/2018/13657/9-cara-ampuh-untuk-menghilangkan-selulit, (diakses 18 Maret 2018)

Nikita Yulia Ferdiaz, 5 Bahan Alami Ini Terbukti Ampuh Hilangkan Selulit Setelah Melahirkan, https://health.grid.id/read/351647355/5-bahan-alami-ini-terbukti-ampuh-hilangkan-selulit-setelah-melahirkan?page=all, (diakses 25 Februari 2019)

Rizky Wahyu Permana, 6 Cara Mudah dan Sederhana Hilangkan Selulit Dengan Bahan Rumahan, https://www.merdeka.com/sehat/6-cara-mudah-dan-sederhana-hilangkan-selulit-dengan-bahan-rumahan.html, (diakses 29 April 2019)


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment