Khasiat Daun Jambu Biji | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Daun Jambu Biji
1/ 5
by

Khasiat Daun Jambu Biji

 
“Tidak hanya berkhasiat sebagai obat diare, daun jambu biji juga memiliki manfaat kesehatan lain bagi tubuh.”

Cara untuk mendapatkan khasiat dari daun jambu biji adalah dengan meminum air rebusannya atau dijadikan masker jika untuk perawatan kulit. Daun yang digunakan biasanya daun bagian pucuk yang masih muda. Beberapa produsen bidang farmasi telah menggunakan ekstrak daun jambu biji sebagai bahan dasar pembuatan obat.

Daun jambu biji memang sangat dikenal sebagai obat diare. Tetapi masih ada khasiat lainnya dari daun jambu biji bagi tubuh. Hal ini tidak terlepas dari zat-zat yang terkandung didalamnya. Beberapa kandungan pada daun jambu biji yaitu flavonoid, asam guajaverin, minyak atsiri, minyak lemak, vitamin A, C, E, tanin, serat, senyawa natrium, folat, kalium, lycopene, dan riboflavin. Daun jambu biji memiliki sifat sebagai antioksidan, antiperadangan, antimikroba, dan antiinfeksi. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat daun jambu biji bagi kesehatan.

Penelitian menyebutkan zat-zat yang terkandung pada daun jambu biji dan sifatnya yang antimikroba sangat ampuh guna menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab diare. Inilah mengapa daun jambu biji sering dijadikan sebagai obat alami (herbal) mengatasi diare. Sifatnya yang antimikroba, antiinfeksi dan antiradang berkhasiat pula menyembuhkan sakit gigi, radang gusi serta meredakan gangguan pencernaan seperti maag, mual atau perih pada perut.

Sedang kandungan seratnya bermanfaat guna menstabilkan kadar gula dalam darah dan mencegah risiko serangan penyakit diabetes. Serat juga sanggup menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kondisi ini sangat baik bagi kelancaran sirkulasi peredaran darah sehingga akan berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Kemudian daun jambu biji yang memiliki sifat antioksidan, berkhasiat melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sifat antioksidan ini berasal dari senyawa flavonoid dan lycopene.

Lalu dari kandungan vitamin C-nya, daun jambu biji bermanfaat menjaga sistem kekebalan / ketahanan tubuh dan menangkal penyakit sariawan. Selain itu, daun jambu biji dapat pula digunakan untuk merawat kesehatan kulit dan wajah. Kandungan berbagai nutrisi dan vitamin pada jambu biji ampuh mengencangkan kulit, mencegah keriput, menghaluskan kulit, mengatasi jerawat dan bintik hitam, serta meredakan gatal pada kulit.

Catatan: 
Disarankan jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi air rebusan daun jambu biji. Sebab jika terlalu banyak mengkonsumsinya dapat menimbulkan efek samping seperti mual, perut kembung dan sakit kepala.

Referensi:
Muslihat Taufiq, Inilah 13 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Obat Herbal Tradisional, http://ilmukesehatan.info/manfaat-daun-jambu-biji/, (diakses 29 April 2016)

Rony, 20 Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, http://www.khasiat.co.id/daun/daun-jambu-biji.html, (diakses 9 Desember 2016)

Yuli Yana, 8 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Diare, http://manfaat.co.id/manfaat-daun-jambu-biji, (diakses 4 Agustus 2014)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment