Mengenal Beberapa Asupan Pemicu Bau Badan | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Mengenal Beberapa Asupan Pemicu Bau Badan
1/ 5
by

Mengenal Beberapa Asupan Pemicu Bau Badan


“Tubuh yang mengeluarkan aroma tak sedap atau bau badannya berlebihan pasti akan menggangu penampilan dan kepercayaan diri.”

Aroma bau badan dipengaruhi  beberapa hal seperti kebersihan diri, faktor genetik, tingkat stres, dan asupan makanan atau minum yang dikonsumsi. Pembahasan kali ini mengenai beberapa makanan atau minuman yang mempengaruhi aroma tubuh menjadi tak sedap. Tetapi penting untuk dicatat bahwa makanan dan minuman yang memicu bau badan ini, hanya terjadi apabila dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah banyak.
Salah satu makanan pemicu bau badan yaitu daging merah. Walau rasanya lezat tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan maka daging bisa menyebabkan bau badan. Daging termasuk makanan yang sulit dicerna dan menyisakan residu pada pencernaan. Residu ini akan bercampur dengan gas, kemudian keluar bersama keringat, efeknya menimbulkan aroma tak sedap pada tubuh.

Kemudian bawang juga merupakan makanan yang bisa memicu bau badan. Bawang memang memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, itu sebabnya bawang sering digunakan sebagai obat herbal. Tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka bawang dapat membuat tubuh dan mulut menjadi beraroma kurang sedap. Hal ini disebabkan kandungan allicin serta minyak pada bawang yang bercampur dengan  keringat akan memicu munculnya bau badan.

Selanjutnya makanan pemicu bau badan adalah sayur mayur yang mengandung zat sulfur / belerang. Beberapa sayuran yang mengandung zat sulfur antara lain brokoli, kembang kol dan kol atau kubis. Zat sulfur pada sayuran tersebut akan diserap tubuh, efeknya mempengaruhi aroma keringat. Lalu ikan ternyata juga bisa memicu bau badan, sebab ikan mengandung zat kolin yang baunya amis. Apabila mengkonsumsi ikan secara berlebihan, maka bau amis dari zat kolin tersebut bisa mempengaruhi aroma badan.

Berikutnya mengkonsumsi minuman keras (alkohol) secara berlebihan serta kebanyakan merokok juga merupakan pemicu aroma bau badan yang tak sedap. Kandungan alkohol pada minuman keras akan terserap tubuh dan dicerna menjadi asam asetik, lalu dikeluarkan melalui pori-pori. Kondisi ini membuat keringat terpapar zat-zat dari alhokol, akibatnya memicu aroma bau badan. Tidak hanya itu, jika alkohol dikonsumsi berlebihan maka pernapasan dan mulut juga akan mengeluarkan aroma tak sedap. Sedangkan bau badan yang disebabkan rokok, dipicu dari paparan asap pembakaran tembakau yang masuk terserap ke dalam tubuh.

Asupan terakhir yang dapat memicu bau badan tak sedap adalah junk food seperti gorengan, makanan kaleng dan makanan daging olahan. Kandungan lemak, minyak dan berbagai bahan kimia pada junk food akan mengalami pembusukan di dalam perut. Imbasnya badan serta mulut mengeluarkan aroma tak sedap. Itu sebabnya jangan terlalu banyak atau keseringan mengkonsumsi junk food.

Sumber:

Lusia Kus Anna, 10 Makanan Penyebab Bau Badan, https://lifestyle.kompas.com/read/2011/07/02/10002610/10.Makanan.Penyebab.Bau.Badan, (diakses 2 Juli 2011)

Nilam Suri, Awas, 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Bau Badan, https://www.liputan6.com/health/read/3532327/awas-7-makanan-ini-bisa-bikin-kamu-bau-badan, (diakses 21 Mei 2018)

Paulus Risang, Ternyata, 10 Jenis Makanan dan Minuman Ini Bisa Memicu Bau Badan, Lho!, https://www.idntimes.com/food/diet/hana-amalia/makanan-minuman-memicu-bau-badan-c1c2/full, (diakses 3 September 2018)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment