Beberapa Cara Alami Yang Efektif Meredakan Radang Amandel | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beberapa Cara Alami Yang Efektif Meredakan Radang Amandel
1/ 5
by

Beberapa Cara Alami Yang Efektif Meredakan Radang Amandel

“Suatu kondisi yang mengganggu ketika amandel sedang meradang atau membengkak, sebab terasa nyeri di area tenggorokan.” 

           Amandel merupakan dua kelenjar getah bening yang letaknya di kanan dan kiri bagian belakang tenggorokan. Kondisi amandel yang membengkak atau meradang disebut dengan tonsilitis. Penyebab amandel meradang karena adanya infeksi bakteri, kuman atau virus di sekitar tenggorokan. Tak perlu langsung panik menghadapi kondisi amandel yang meradang, kecuali memang sudah tahap kronis, keadaan bengkaknya besar dan terasa sangat sakit. Kalau keadaannya sudah kronis maka silakan kunjungi dokter. 

Ada beberapa alasan yang memicu amandel membengkak misalnya kurang asupan vitamin C, mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, kurang cairan air putih, minum minuman yang terlalu dingin, dan sebagainya. Ada beberapa cara sederhana, alami, mudah diterapkan, dan sangat efektif untuk meredakan (menangkal) terjadinya radang amandel. Saat kondisi radang amandel usahakan hindari mengkonsumsi makanan yang keras, sangat pedas dan panas. Konsumsilah makanan yang lembut, seperti sup, bubur sumsum, bubur nasi, bubur kacang hijau dan sejenisnya. 

Kemudian perbanyak minum air putih, cukupi kebutuhan air putih sekitar 8 gelas setiap hari. Tujuannya menghindari dehidrasi dan mencegah kekeringan di bagian tenggorokan. Cara selanjutnya berkumurlah dengan air garam dua kali sehari. Air garam dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa nyeri. Tips berikutnya adalah perbanyak mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan vitamin C dan kaya antioksidan. Buah yang sangat baik untuk membantu meredakan radang amandel adalah apel, jambu biji, manggis, pir, jeruk, dan mengkudu.

Obat herbal (alami) jamu atau ramuan minuman dari bahan kunyit, jahe dan kayu manis juga sangat manjur untuk menangkal / meredakan radang amandel. Pada kunyit, jahe dan kayu manis terdapat zat antiinflamasi, antiseptik, antivirus. Itu sebab ramuan jamu tersebut efektif mengatasi radang amandel. Kemudian bisa pula meminum ramuan dari air perasan lemon atau jeruk nipis dicampur madu agar tidak terlalu asam. Lemon dan jeruk nipis memiliki sifat antivirus, antibakteri, antiinflamasi yang ampuh guna meredakan / menangkal radang amandel.  

Tips alami berikutnya yang efektif meredakan radang amandel yaitu menggunakan kulit manggis. Caranya rebus kulit manggis pada air secukupnya, biarkan hingga mendidih, kemudian dinginkan dan saring, lalu berkumurlah dengan air rebusan tersebut. Air rebusan kulit manggis mengandung antibakteri dan antiradang yang mampu membunuh kuman / virus penyebab radang. Cara terakhir adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih miliki sifat antioksidan, antibakteri, antivirus dan sanggup memperkuat sistem imun (ketahanan) tubuh. Untuk memperoleh khasiat bawang putih dalam mengatasi radang mandel caranya dengan mengkonsumsinya utuh, bisa pula dicampur makanan, madu atau teh.


Sumber:
Fithria Pratiwi, 6 Obat Amandel Alami, Coba Buktikan!, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4575690/6-obat-amandel- alami-coba-buktikan, (diakses 4 Juni 2019)

Ika Wulandari, 3 Jenis Bahan Alami Ini Mampu Obati Amandel, https://www.tribunnews.com/tribunners/2017/12/31/3-jenis-bahan-alami-ini-mampu-obati-amandel, (diakses 31 Desember 2017)

Siti Rutmawati, Terusik Radang Amandel? Usir Dengan 5 Obat Alami Ini, https://www.merdeka.com/sehat/terusik-radang-amandel-usir-dengan-5-obat-alami-ini.html, (diakses 21 Maret 2016)



Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment