Kebaikan Jamu Beras Kencur | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Kebaikan Jamu Beras Kencur
1/ 5
by

Kebaikan Jamu Beras Kencur


“Jamu merupakan minuman tradisional khas Indonesia yang memiliki citra rasa tersendiri, khas dan rasanya tergolong enak.” 


          Tidak hanya itu, jamu juga dapat memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh. Begitu banyak bahan dasar pembuatan jamu mulai dari jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan sebagainya. Namun untuk pembahasan kali ini adalah mengenai jamu beras kencur. Jamu yang terbuat dari campuran air beras (beras biasa / putih), gula jawa dan kencur ini mudah ditemukan karena begitu banyak penjual jamu di sini. Bahkan jika ingin membuat sendiri pun sangat gampang sebab bahan-bahan yang digunakan mudah didapat.

         Manfaat kesehatan pertama dari jamu beras kencur adalah ampuh menyembuhkan gangguan tenggorokan seperti radang tenggorokan, tenggorokan gatal atau batuk. Rasa hangat yang dikeluarkan ekstrak air jamu beras kencur ampuh melegakan tenggorokan, meredakan tenggorokan gatal dan batuk. Kemudian kombinasi nutrisi yang terkadung pada beras dan kencur diyakini sangat baik untuk menjaga kebugaran serta mengembalikan stamina tubuh. Hal ini membuat jamu beras kencur sering dikonsumsi agar kekuatan tubuh terjaga dan mengembalikan stamina yang menurun.

         Khasiat jamu beras kencur selanjutnya adalah mampu menebalkan dinding perut, sehingga sangat baik guna memperkuat sistem pencernaan dan mencegah juga menyembuhkan gangguan pencernaan seperti maag, diare, mual atau mulas. Lalu ekstrak jamu beras kencur ditengarai sanggup memberikan efek menenangkan kondisi psikis bagi yang mengkonsumsinya. Kondisi ini sangat baik guna meredakan suasana hati yang sedang emosi, tertekan, stres, gelisah, dan sakit kepala. Sedang dari efeknya yang menghangatkan tubuh, jamu beras kencur ampuh untuk menyembuhkan demam atau masuk angin.

          Lalu jamu beras kencur berguna pula dalam menjaga penampilan. Jamu beras kencur ampuh melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas, merawat kulit, mencegah (menyembuhkan) jerawat, merampingkan pinggang, dan melangsingkan tubuh. Manfaat kesehatan yang terakhir dari jamu beras kencur yaitu sanggup meredakan rasa nyeri pada tubuh seperti pegal-pegal atau ngilu karena keseleo dan pembengkakan. Khasiat ini berasal dari minyak asitri pada jamu beras kencur yang memiliki sifat analgesik, sehingga mampu meredakan rasa nyeri.




Sumber:

Karinta Ariani Setiaputri, 6 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-kencur-untuk-kesehatan/, (diakses 2 April 2019)


Yudha, 12 Manfaat Jamu Beras Kencur, Bikin Kurus dan Bebas Jerawat, https://www.idntimes.com/health/fitness/viktor-yudha/12-manfaat-menakjubkan-jamu-beras-kencur-bikin-kurus-dan-bebas-jerawat/full, (diakses 16 Juni 2019)
 



Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment