7 Cara Sederhana Yang Ampuh Cegah Kadar Gula Darah Tinggi | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
7 Cara Sederhana Yang Ampuh Cegah Kadar Gula Darah Tinggi
1/ 5
by

7 Cara Sederhana Yang Ampuh Cegah Kadar Gula Darah Tinggi

“Keadaan kadar gula darah yang tinggi atau hiperglikema merupakan situasi yang mengkhawatirkan, mesti diwaspadai.

             Penyebab utama kadar gula tinggi adalah pola hidup yang tidak baik, seperti kurang olahraga, lalu mengkonsumsi makanan sembarang, terlalu sering makan yang manis-manis, konsumsi gula berlebih, kualitas istirahat yang buruk, dan kurangnya asupan air putih. Adapula yang disebabkan memiliki riwayat (keluarga) diabetes. Organ tubuh yaitu pembuluh darah, ginjal, organ pencernaan, mata, jantung, dan kulit akan mengalami gangguan ketika kadar gula darah tinggi. Beberapa gejala kadar gula darah tinggi yaitu penglihatan kabur, sering lapar, dada sesak, rasa lelah sepanjang waktu, dan sulit konsentrasi.

               Oleh sebab itu, perlu melakukan beberapa tips untuk menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah. Tercatat ada tujuh cara yang bisa dikatakan sederhana, mudah diterapkan, namun sangat efektif guna menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Cara pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih sekitar 2 liter per hari. Air putih yang cukup akan membantu optimalisasi kinerja ginjal dalam proses pembuangan kelebihan gula, melalui urin. Ketika kandungan gula lancar terbuang lewat urin, maka bisa dipastikan kadar gula dalam darah akan menurun.

                Kemudian hindarilah terlalu banyak makan makanan junk food atau fast food. Jenis makanan ini mengandung zat-zat kimia yang tidak ramah bagi tubuh dan terkadang menggunakan pemanis buatan yang kadar gulanya tinggi. Oleh sebab itu, dengan menghindari atau mengurangi mengkonsumsinya akan membantu mencegah penyerapan kadar gula. Sehingga tubuh lebih mudah menstabilkan kadar gula. Cara yang ketiga untuk menurunkan kadar gula darah yaitu mengkonsumsi makanan probiotik seperti keju dan yogurt. Bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh (perut), dapat membuat gula darah naik. Solusi untuk menangkal keadaan tersebut adalah mengkonsumsi makanan probiotik.

               Cara selanjutnya adalah rajin mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah, sayuran dan kacang-kacangan. Serat mampu menurunkan kadar glukosa pemicu munculnya kadar gula tinggi. Ketika mengkonsumsi makanan kaya kandungan seratnya maka glukosa akan diserap lebih lambat, mencegah adanya lonjakan kadar gula darah. Cara kelima yang efektif menurunkan kadar gula dalam darah yaitu istirahat atau tidur yang cukup. Standar kualitas tidur atau istirahat yang baik setiap hari sekitar 8 sampai 9 jam. Saat kualitas tidur yang baik tercapai, maka insulin alami dapat bekerja optimal menstabilkan (menurunkan) gula dalam darah. Sebaliknya jika kekuarangan tidur / istirahat maka insulin tidak bisa berfungsi dengan baik atau disebut resistensi insulin yang membuat kurangnya kontrol terhadap kadar gula dalam darah.

                    Berikutnya jangan biarkan perasaan stres atau tertekan itu berlarut-larut. Jika muncul rasa tertekan atau stres, segeralah atasi, kendalikan perasaan agar tenang kembali. Suasana hati yang tenang dan gembira akan efektif menurunkan / menstabilkan kadar gula darah. Cara terakhir atau cara ketujuh yang mudah diterapkan dan ampuh menurunkan kadar gula darah adalah berolahraga atau rajin beraktivitas. Aktivitas fisik itu bisa membantu tubuh dalam mengontrol glukosa darah. Jadi kalau aktivitas fisik itu frekuensinya ditingkatkan, lebih rajin lagi atau sebut saja melakukan olahraga, maka sudah jelas efektif menurunkan kadar gula dalam darah.

Sumber:
Gunawan, Cara Alami Menstabilkan Kadar Gula Darah, https://aura-ilmu.com/cara-alami-menstabilkan-gula-darah/, (diakses 18 Februari 2019)


 


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment