Khasiat Bunga Asoka | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Bunga Asoka
1/ 5
by

Khasiat Bunga Asoka


Bunga Asoka atau Ixora paludosa terkenal sebagai tanaman hias, sebab bentuknya yang cukup unik dan warnanya merah cerah, enak dipandang. Berasal dari India dan sering dianggap salah satu jenis tanaman yang sakral bagi umat Hindu, sehubungan dengan mitologi. Di samping itu, bunga asoka juga sudah menjadi tradisi sebagai pengobatan India kuno. Dari sinilah diketaui bahwa selain sebagai tanaman hias, bunga Asoka bisa digunakan untuk bahan obat herbal (memiliki khasiat kesehatan).

Salah satu manfaat ekstrak rebusan bunga asoka adalah sebagai sumber antioksidan. Sifat antioksidan pada bunga asoka ini berasal dari kandungan senyawa flanovoid dan antosianin. Hal ini menjadikan bunga asoka disebut efektif menangkal efek negatif radikal bebas seperti menghindari rusaknya lapisan kulit dan mencegah tumbuhnya sel-sel kangker / tumor. Bunga asoka memiliki pula sifat antiinflamasi dan antiperadangan, sehingga dapat digunakan meredakan nyeri di persediaan, pembengkakan atau luka yang memar.

Khasiat bunga asoka selanjutnya adalah menjaga kesehatan darah. Bunga asoka mengandung zat besi yang bermanfaat memproduksi hemoglobin atau sel darah merah. Ini artinya bunga asoka baik untuk kesehatan darah, membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah anemia (kekurangan sel darah merah). Kondisi kesehatan darah yang terjaga dan sirkulasi aliran darah lancar, sangat bagus guna mengatasi tekanan darah tinggi serta mencegah diabetes atau kadar gula darah tinggi. 

Bunga asoka mengandung pula zat tonic yang ampuh dalam merawat kesehatan rambut dan menyuburkan rambut. Mengandung juga kolagen yang berguna untuk merawat kulit, mengencangkan kulit, menghaluskan kulit, mengecilkan pori-pori, menggantikan sel-sel kulit yang mati, dan melindungi lapisan kulit. Kemudian masalah pencernaan seperti disentri dan diare / BAB juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan bunga asoka. Sebab bunga asoka mengandung antimikroba yang ampuh mengatasi bakteri / virus penyebab perut mulas dan diare. 

Bagi wanita, bunga asoka berkhasiat melancarkan haid yang tidak teratur. Bunga asoka mengandung astrigent yang dapat melemaskan otot rahim sehingga bisa melancarkan haid serta mengurangi rasa sakit ketika haid. Tetapi perlu dicatat, bagi wanita jangan terlalu banyak mengkonsumsi ekstrak rebusan bunga asoka. Sebab jika terlalu banyak mengkonsumsinya, akan memicu lemahnya kesuburan reproduksi wanita.

Sumber:

Ana, 5 Manfaat Bunga Asoka Bagi Kesehatan, https://manfaat.co.id/manfaat-bunga-asoka, (diakses 16 Maret 2016)


Imam Rosidin, Ternyata Bunga Asoka Miliki Banyak Manfaat, https://bali.tribunnews.com/2017/07/10/ternyata-bunga-asoka-miliki-banyak-manfaat, (diakses 10 Juli 2017)


Sugi, Klasifikasi Ilmiah Bunga Asoka dan Manfaatnya bagi Kesehatan, https://www.kompasiana.com/toko-bunga-jakarta/567a11a64ef9fd4a048b4568/klasifikasi-ilmiah-bunga-asoka-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan, (diakses 23 Desember 2015)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment