Manfaat Kesehatan Ubi Ungu | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Ubi Ungu
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Ubi Ungu



“Jenis umbi-umbian yang satu ini, tidak disangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.”

           Hal ini tidak terlepas dari berbagai kandungan didalamnya yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan ubi ungu yaitu, karbohidrat kompleks, serat, vitamin A, B3, B6, C, kemudian mengandung pula mineral seperti kalium dan magnesium. Sedang warnanya yang ungu berasal dari kandungan zat betakaroten dan antosianin. Berikut akan dijelaskan manfaat kesehatan dari ubi ungu.

         Manfaat pertama ubi ungu bagi kesehatan tubuh adalah penyuplai energi. Ubi ungu mengandung karbohidrat kompleks yang sangat bagus guna memberi energi. Sehingga saat berakitivitas, tubuh menjadi lebih fokus dan tidak mudah cepat lelah. Kemudian ubi ungu bermanfaat pula sebagai sumber antioksidan yang ampuh mengatasi efek negatif radikal bebas seperti mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dan menghindari kerusakan jaringan kulit. Sifat antioksidan pada ubi ungu berasal dari kandungan zat antosianin dan betakarotennya.

          Lalu dari berbagai nutrisi dan vitamin yang terkadung didalamnya, ubi ungu efektif guna menjaga sistem ketahanan tubuh atau sistem imun. Ketika sistem ketahanan tubuh terjaga baik, maka bisa dipastikan tubuh tidak mudah sakit (diserang penyakit). Sedang dari kandungan vitamin A-nya, ubi ungu bermanfaat dalam merawat kesehatan mata. Jadi dengan rutin mengkonsumsi ubi ungu maka kinerja pengelihatan akan terpelihara.

        Ubi ungu mengandung pula flavonoid yang berfungsi melindungi sel-sel penghasil insulin pada organ hati, sehingga kinerja sel tersebut akan optimal dan penyerapan kadar gula pada darah pun bisa dihindari atau dikurangi. Efek positifnya, kadar gula dalam darah terkontrol dengan baik dan risiko terserang gula darah tinggi atau penyakit diabetes dapat dicegah. Manfaat kesehatan yang terakhir dari ubi ungu adalah sangat baik guna menjaga kesehatan jantung. Sebab ubi ungu mengandung serat tetapi tidak berlemak atau kolesterol yang baik untuk kesehatan darah dan jantung.


Sumber :

Anugerah Ayu Sendari, 6 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan, Manis dan Mengenyangkan,      https://hot.liputan6.com/read/4062510/6-manfaat-ubi-jalar-ungu-untuk-kesehatan-manis-dan-mengenyangkan, (diakses 14 September 2019)

 Fitriana Andriyani, 9 Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan, Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker, https://www.tribunnews.com/kesehatan/2019/05/27/9-manfaat-ubi-ungu-bagi-kesehatan-turunkan-berat-badan-hingga-cegah-kanker, (diakses 27 Mei 2019



Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment