Beberapa Kebaikan Gemar Mengkonsumsi Sayur-Sayuran | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beberapa Kebaikan Gemar Mengkonsumsi Sayur-Sayuran
1/ 5
by

Beberapa Kebaikan Gemar Mengkonsumsi Sayur-Sayuran



          Asupan makanan dari berbagai jenis sayuran sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Selain rasanya lezat, harga sayur pun terjangkau. Tapi sayangnya, masih ada saja yang tidak menyukai makan sayuran. Padahal dengan rutin atau sering mengkonsumsi sayur-sayuran akan sangat baik bagi kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa kebaikan dari gemar mengkonsumsi sayur-sayuran.

          Dengan gemar makan sayur maka kebutuhan nutrisi yang baik bagi organ-organ tubuh terpenuhi. Saat organ tubuh seperti mata, lambung, hati, ginjal, dan otak terpenuhi kebutuhan nutrisinya, maka kinerja serta kesehatannya akan terjaga. Sayuran merupakan makanan yang bergizi, asupan yang ramah / aman bagi tubuh, mengandung protein, berbagai vitamin, rendah lemak, dan rendah kolesterol. Kandungan gizi dan vitamin pada sayuran efektif guna membantu proses metabolisme, menjaga stamina dan ketahanan tubuh. Tubuh pun menjadi tak mudah sakit atau diserang penyakit.

          Gemar mengkonsumsi sayuran juga baik guna menyuplai zat antioksidan. Zat antioksidan tersebut bermanfaat mengatasi efek negatif radikal bebas seperti mencegah munculnya sel-sel kanker dan kerusakan jaringan kulit. Sedang kandungan air dan vitamin C yang cukup tinggi pada sayuran berfungsi merawat kesehatan kulit, melembabkan kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi atau radikal bebas. Vitamin C akan membantu tubuh menghasilkan kolagen alami yang berguna mengencangkan kulit dan mengganti sel kulit mati.

          Sayuran itu rendah gula, rendah lemak juga kolesterol tetapi mengandung serat dan zat besi. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan darah, membentuk hemoglobin (sel darah merah), melancarkan peredaran darah, mengontrol kadar gula darah, dan menghindari penumpukan lemak juga kolesterol. Keadaan darah yang sehat akan sangat baik dalam menunjang kesehatan jantung dan paru-paru.

          Dari kandungan serat tersebut, sayuran berguna pula membantu optimalisasi kinerja sistem pencernaan, melancarkan BAB dan mencegah perut kembung. Hal inilah yang menyebabkan sayuran disebut bagus bagi kesehatan pencernaan. Kandungan serat dan kadar lemak yang rendah dapat juga mencegah terjadinya kegemukan serta menjaga penampilan tetap proporsional.

Sumber :

Diandra Aurora, 12 Manfaat Gemar Makan Sayur Setiap Hari, https://manfaat.co.id/manfaat-gemar-makan-sayur, (diakses 29 Oktober 2017) 

Intan Ungaling Dian, 5 Manfaat Mengonsumsi Buah-buahan dan Sayuran Hijau untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat, https://wartakota.tribunnews.com/2018/09/19/5-manfaat-mengonsumsi-buah-buahan-dan-sayuran-hijau-untuk-menjaga-tubuh-tetap-sehat, (diakses 19 September 2018) 

Melly Febrida, 8 Alasan Makan Sayur Rebus Banyak Manfaat, https://www.liputan6.com/health/read/2153409/8-alasan-makan-sayur-rebus-banyak-manfaat, (diakses 30 Desember 2014)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment