Khasiat Lengkuas | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Lengkuas
1/ 5
by

Khasiat Lengkuas


           Lengkuas atau Alpinia galanga merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian. Memiliki aroma, cita rasa yang kuat dan sedap menjadikan lengkuas sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Tetapi tidak hanya itu, rempah yang disebut juga Laos ini biasa dimanfaatkan untuk pengobatan herbal (tradisional) atau bahan minuman penunjang kesehatan tubuh. Berikut akan dijelaskan beberapa khasiat atau manfaat kesehatan dari lengkuas. 

            Khasiat pertama dari lengkuas adalah efektif menurunkan demam. Sifat lengkuas yang hangat, mengandung zat antipiretik dan analgesik, dapat berfungsi menghangatkan tubuh serta meredakan demam. Kemudian lengkuas mengandung zat antioksidan dari kandungan senyawa flavonoid. Sehingga lengkuas ampuh guna memelihara sistem peredaran darah, menetralisir racun dalam tubuh, melawan efek negatif radikal bebas, mengatasi kerusakan sel / jaringan kulit, dan melindungi tubuh dari kanker juga tumor.

           Manfaat kesehatan lengkuas berikutnya yaitu efektif menjaga kesehatan saluran pencernaan. Lengkuas dengan sifatnya antibakteri dan antiinflamasi sangat baik untuk merawat organ pencernaan, mengatasi masalah perut yang tidak nyaman akibat mual, adanya infeksi, peradangan atau serangan bakteri penyebab diare. Dari sifat antiinflamasinya tersebut, lengkuas berguna pula meredakan rasa nyeri atau pegal-pegal pada tubuh.

Khasiat lengkuas selanjutnya adalah melegakan pernafasan, meredakan batuk dan sakit atau radang tenggorokan. Caranya dengan minum jamu lengkuas atau air rebusan lengkuas. Lengkuas sanggup berperan sebagai ekspektoran yang ampuh meredakan gangguan-gangguan pada saluran pernafasan. Selain itu, ekstrak air rebusan lengkuas bisa berfungsi sebagai obat kumur untuk mengatasi bau mulut, sariawan dan radang gusi. 

Lengkuas memiliki pula sifat antijamur dan antiseptik. Kelebihan ini menjadikan lengkuas mampu mengatasi masalah kesehatan kulit seperti mengatasi gangguan ketombe pada kulit kepala dan kulit gatal-gatal, sakit kadas, panu akibat jamur atau bakteri. Lengkuas juga sanggup menghaluskan kulit yang kusam karena kotoran yang mengendap di pori-pori, bekas jerawat dan sel kulit mati. Caranya gosokan beberapa irisan lengkuas pada kulit yang bermasalah / kusam atau campur parutan lengkuas dengan minyak zaitun, lalu oles dan gosokan di area kulit kepala yang gatal (terdapat ketombe). 


Sumber:

Ewis Herwis, Berikut 11 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan dan Kecantikan, https://palembang.tribunnews.com/2018/07/10/berikut-11-manfaat-lengkuas-untuk-kesehatan-dan-kecantikan, (diakses 10 Juli 2018)

Fithria Pratiwi, 7 Manfaat Lengkuas untuk Menyembuhkan Penyakit, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4576751/7-manfaat-lengkuas-untuk-menyembuhkan-penyakit, (diakses 5 Juni 2019)

Shevinna Putti Anggraeni, 5 Manfaat Lengkuas yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker!, https://www.suara.com/health/2019/04/11/072000/5-manfaat-lengkuas-yang-jarang-diketahui-salah-satunya-bisa-cegah-kanker, (diakses 11 April 2019)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment