Khasiat Alang-Alang | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Alang-Alang
1/ 5
by

Khasiat Alang-Alang


“Walau sering dianggap gulma atau tumbuhan pengganggu, tetapi alang-alang bisa digunakan sebagai tanaman herbal atau obat alami.“ 


Tanaman rumput yang bernama ilmiah Imperata cylindrica ini memang sudah lama dikenal memiliki banyak khasiat, baik bagi kesehatan tubuh, dan sanggup mengatasi beberapa gangguan penyakit. Bagian yang dimanfaatkan sebagai obat herbal yaitu bagian bunga, batang dan akarnya (rimpang).  Untuk memperoleh khasiat tumbuhan yang biasa disebut ilalang ini dengan meminum air rebusannya seperti dibuat teh atau jamu. Sekarang, sudah banyak minuman kesehatan, teh, jamu dalam kemasan yang berbahan dasar dari alang-alang. Kita bisa memperolehnya di pasar-pasar dan toko online, tinggal minum atau seduh dirumah.

Khasiat alang-alang bagus dalam mengatasi masalah prostat, buang air kecil yang sulit, kencing batu, mudah terasa ingin buang air kecil tetapi keluarnya sedikit, kencing berdarah, dan kecing manis. Ekstrak rebusan akar alang-alang memiliki sifat diuretik yang efektif meluruhkan kemih / air seni. Sehingga buang air kecil jadi mudah dan kembali lancar, masalah prostat pun dapat teratasi. Sifat diuretik tersebut juga efektif untuk mengatasi gangguan pada ginjal seperti disfungsi ginjal, batu ginjal dan radang (infeksi) ginjal.

Kemudian akar alang-alang memiliki efek sejuk dan sifat astrigent. Sangat baik guna meredakan panas dalam, sariawan, bibir pecah-pecah, dan tenggorokan kering. Alang-alang tidak hanya memiliki sifat astrigent dan diuretik, tetapi alang-alang juga memiliki sifat antipiretik. Dari sifatnya yang antipiretik ini, tanaman alang-alang berkhasiat mengatasi sakit demam, flu dan meredakan sakit kepala.

Selanjutnya alang-alang bermanfaat pula bagi kesehatan darah, melancarkan sirkulasi darah. Alang-alang mengandung zat flavonoid yang efektif melebarkan pembuluh darah guna melancarkan aliran darah. Sehingga dengan meminum air rebusan, teh atau jamu alang-alang, akan sanggup menjaga kesehatan jantung, menstabilkan kolesterol dan tekanan darah. 

Kandungan flavonoid tersebut membuat alang-alang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi atau antiradang. Hal ini yang menjadikan alang-alang ampuh untuk mengatasi masalah efek radikal bebas dan peradangan seperti menyembuhkan gangguan radang paru-paru, radang sendi, kerusakan kulit, meredam serangan kanker, radang hati, efektif meredakan / mencegah hepatitis. Kemudian berturut-turut, khasiat alang-alang yaitu meredakan batuk berdarah, batuk rejan, asma, muntah darah, mengatasi asam urat, wasir, mimisan, gangguan pencernaan, dan diare.

Referensi:
Anisa Widiarini, Akar Alang-Alang, Rumput Liar Kaya Manfaat, https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1157601-akar-alang-alang-rumput-liar-kaya-manfaat, (diakses 17 Juni 2019)

Annisa, Cara Mengolah Alang-Alang, https://www.fimela.com/beauty-health/read/3831222/cara-mengolah-alang-alang, (diakses 16 November 2013)

Yuli Yana, 32 Manfaat Alang-alang Untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh, https://manfaat.co.id/manfaat-alang-alang, (diakses 4 Agustus 2014)


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment