Pentingnya Makanan Berserat Bagi Tubuh | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Pentingnya Makanan Berserat Bagi Tubuh
1/ 5
by

Pentingnya Makanan Berserat Bagi Tubuh

“Salah satu jenis asupan yang wajib rutin dikonsumsi adalah makanan berserat.” 

           Kandungan serat memiliki fungsi penting untuk tubuh dan memberikan kebaikan bagi kesehatan. Cara paling efektif memperoleh suplai makanan yang mengandung serat adalah dengan mengkonsumsi buah, sayuran dan kacang-kacangan. Ketiga jenis makan tersebut memang sudah dikenal banyak mengandung serat. Apabila rajin mengkonsumsi buah, sayuran dan kacang-kacangan, maka dijamin tubuh tidak akan kekurangan serat. 


Salah satu kegunaan penting makanan berserat bagi tubuh adalah melancarkan proses pencernaan. Sulitnya buang air besar atau sembelit membuat pencernaan terasa tidak nyaman, perut rasanya padat, kembung. Hal ini disebabkan mengerasnya feses sehingga sulit dikeluarkan. Masalah selulit tersebut bisa dihindari apabila tubuh tidak kekurangan serat sebab serat dapat melembutkan feses sehingga mudah dikeluarkan. Proses buang air besar jadi lancar dan kinerja sistem pencernaan pun optimal. 

Kemudian serat juga sangat penting dalam memelihara kesehatan organ usus. Ketika proses buang air besar lancar, maka kotoran dan bakteri tidak akan mengendap pada usus. Kotoran dan bakteri akan ikut terbuang bersamaan keluarnya feses saat buang air besar. Kondisi ini tentu sangat baik bagi organ pencernaan khususnya usus. Inilah mengapa disebutkan serat bermanfaat guna menjaga kesehatan organ usus. Manfaat penting serat selanjutnya yaitu ampuh mencegah risiko munculnya penyakit diabetes. Serat efektif mencegah kadar gula darah yang tinggi karena serat sanggup memperlambat penyerapan gula dalam darah. 

Berikutnya makanan berserat dapat berfungsi membantu suksenya dalam program diet atau menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan serat ampuh mencegah munculnya rasa lapar atau nafsu makan yang tinggi. Makanan berserat itu cenderung membuat rasa kenyang lebih lama sehingga perut tidak mudah lapar dan porsi makan pun bisa ditekan. Situasi ini akan efektif untuk menurunkan berat badan dan membentuk penampilan yang proporsional.

Makanan berserat juga penting guna menstabilkan kadar kolesterol atau menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Serat itu dapat berfungsi sebagai pengikat kolesterol sehingga koleseterol tidak diserap oleh tubuh dan kemudian akan dibuang keluar bersamaan dengan feses. Fungsi penting yang terakhir dari makanan berserat adalah efektif menjaga kesehatan organ jantung. Serat yang sanggup menstabilkan kadar kolesterol dalam darah akan berdampak positif bagi kelancaran sirkulasi / peredaran darah. Kolesterol yang stabil, peredaran darah optimal, sangat baik guna memelihara organ jantung serta mencegah risiko penyakit jantung.
 

Sumber:

Jawara Ara, 6 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat, https://www.indonesiana.id/read/121801/6-manfaat-mengkonsumsi-makanan-kaya-serat, (diakses 18 Januari 2018)


Maressa, 9 Manfaat Makanan Berserat Luar Biasa Untuk Tubuh, https://manfaat.co.id/manfaat-makanan-berserat, (diakses 30 Mei 2018)


Rizqi Adnamazida, 7 Fungsi Penting Serat Bagi Tubuh, https://www.merdeka.com/sehat/7-fungsi-penting-serat-bagi-tubuh.html, (diakses 10 Desember 2012)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment