Apakah Tidur Siang Setelah Makan Siang itu Baik ??? | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Apakah Tidur Siang Setelah Makan Siang itu Baik ???
1/ 5
by

Apakah Tidur Siang Setelah Makan Siang itu Baik ???


Tahukah Anda dengan tidur siang 5-10 menit saja, Anda bisa melakukan pekerjaan sore hari dengan daya konsentrasi yang sama dengan pagi hari ?
Anjuran untuk tidur siang setelah makan siang karena selain memulihkan kekuatan fisik, dapat juga memaksimalkan kembali konsentrasi yang telah terkuras. Enzim yang dipakai untuk melakukan kegiatan bisa ditekan saat tidur siang. Enzim yang dihemat itu bisa dipakai untuk penyerapan, sehingga kedua proses tersebut akan berlangsung baik dan lancar.

Kurang Tidur
Mengingat ketika bekerja, seseorang tidak bisa tidur atau sebaliknya. Maka perlu sekali mendapatkan waktu tidur yang cukup sesudah bekerja. Kenyataannya saat ini, orang-orang yang banyak bekerja akan sulit memperoleh waktu tidur yang cukup. Bekerja keras memang terkadang membuat kita menjadi lupa untuk beristirahat. Padahal saat bekerja, kita memerlukan konsentrasi yang tinggi. Konsentrasi yang tinggi membutuhkan tenaga yang cukup besar.

Karena itu, cobalah untuk membiasakan tidur siang setiap hari setelah makan siang sekitar 5 atau 10 menit. Untuk mengaktifkan alat pencernaan yang dikendalikan saraf parasimpatik dan memulihkan tenaga. Pada saat makan, saraf simpatik lebih dominan bergerak daripada saraf parasimpatik. Itu sebabnya setelah makan kita merasa mengantuk. Memanfaatkan dengan pandai “waktunya tubuh ingin beristirahat” merupakan trik untuk memulihkan tenaga dengan istirahat singkat. Tetapi jika keadaan tidak memungkinkan, boleh saja dengan menutup mata dan bersandar pada bangku.

Manfaat Tidur Siang
Jika hari-hari kurang tidur berlanjut, kekuatan fisik akan anjlok karena produksi enzim dan pemakaiannya menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu, untuk mempertahankan hidup sehat, tidur siang dan istirahat yang baik sangat penting. Enzim tubuh dinaikan produksinya pada waktu tidur dan beristirahat. Kekuatan fisik akan pulih kembali walaupun hanya tidur di bangku 5 atau 10 menit.

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment