Kurangnya Kandungan Gizi Pada Beras Putih | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Kurangnya Kandungan Gizi Pada Beras Putih
1/ 5
by

Kurangnya Kandungan Gizi Pada Beras Putih

bahaya_beras_putih
“Beras adalah bahan makanan pokok rakyat Indonesia. Dari beras kemudian akan diolah menjadi nasi yang merupakan makanan utama hampir sebagian besar penduduk di negara ini”
Beras berasal dari tanaman padi. Ada beberapa jenis beras yang biasa dikonsumsi yaitu beras putih, beras merah, beras hitam, beras ketan, dan ketan hitam. Sedangkan jenis beras yang paling banyak dikonsumsi adalah jenis beras putih. Sebelum menjadi beras dan bisa dikomsumsi, padi akan melalui beberapa tahapan proses.

Tanaman padi yang sudah berisi dan tua dipanen, setelah itu bulir-bulir padi itu dipisahkan proses penggilingan dan pemolesan. Alat yang digunakan untuk proses ini biasa dikenal dengan nama alat penggilingan padi. Pada saat proses penggilingan dan pemolesan ini bagian kulit beras dan mata beras terlepas. Padahal bagian kulit beras dan mata beras ini adalah bagian beras yang memiliki kandungan gizi sangat tinggi, terutama bagian mata berasnya.

Mata beras merupakan bagian beras yang sangat penting. Karena bagian ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Manfaat mata beras bagi tubuh adalah membantu pencernaan, menjaga stamina, dan memulihkan kesehatan dari berbagai penyakit jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. beras yang dari batangnya sehingga tinggal buliran padi.

Buliran padi yang sudah terpisah dari batangnya itu kulit luar/gabah kulit ari isi beras proses penggilingan beras

Hal ini menyebabkan kandungan gizi baik berupa vitamin maupun mineral pada beras putih hilang. Karena itu sebenarnya beras putih yang biasa kita konsumsi sehari- hari telah mengalami penurunan kandungan gizi. Karena Mata Beras yang terlepas pada saat proses penggilingan dan pemolesan tersebut sangat banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh, maka bagian tersebut dimanfaatkan untuk dijadikan produk bernama Tepung Mata Beras.

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment