Jenis - Jenis Beras Berkualitas | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Jenis - Jenis Beras Berkualitas
1/ 5
by

Jenis - Jenis Beras Berkualitas


Ciri-ciri beras yang bermutu ditentukan oleh dua hal, yakni kualitas beras dan proses penggilingannya. Beras yang bagus biasanya memiliki kadar air tinggi, bentuk fisik agak panjang atau tebal, serta sedikit beras patah dan juga kotoran seperti batu. Mutu nasi dari beras yang berkualitas akan lebih pulen. Tidak hanya dapat membuat perut kenyang tetapi manfaat dengan mengkonsumsi beras yang berkualitas adalah tubuh akan terjaga kesehatannya.

Tercatat ada 3 jenis beras yang sangat berkualltas yaitu beras merah, beras coklat berkecambah dan beras hitam. Masing-masing dari varietas beras tersebut memiliki kelebihan dan keunikan dibandingkan beras putih biasa. Beras merah mengandung aleuron yang memproduksi senyawa antosianin sumber warna merah atau ungu.

Senyawa antosianin dapat membantu mengurangi peradangan, alergi, dan sebagai anti kanker. Beras ini terkenal memiliki serat yang tinggi. Hal ini membuat proses pencernaan jadi lambat dan membuat sistem pencernaan jadi lebih kuat. ltu sebabnya beras merah juga efektif membantu penurunan berat badan. Serat juga membantu memperlambat pengolahan karbohidrat menjadi gula darah. 

Beras coklat berkecambah atau disebut juga organic brown rice, sebenarnya beras ini adalah beras putih tetapi masih ada bagian kulit ari dan embrionya. Embrio/mata beras ini jika diolah akan menjadi kecambah (tunas kecil). Pada kulit ari dan embrio inilah terdapat kandungan tertinggi pada beras. Proses perkecambahan akan meningkatkan gizi pada beras yang berasal dari Gamma Aminobutric Acid (GABA).

Proses perkecambahan ini merupakan metode terbaik untuk memperoleh jumlah GABA maksimum dan meningkatkan gizi. Proses perkecambahan ini juga menghasilkan peningkatan komponen esensial seperti asam ferullc, lysine, magnesium, potassium, vitamin E, vitamin 86, thiamine, dan serat. ltu sebabnya beras coklat berkecambah sangat bergizi tinggi dan menyehatkan. 

Varietas beras hitam sangat bermanfaat bagi tubuh dan kandungan gizi yang sangat tinggi. Varietas beras lni kaya akan serat dan mengandung antioksidan, fitonutrien, phytochemical, vitamin E, protein, zat besi, serta nutrisi lainnya.ltu sebabnya beras hitam sangat bermanfaat untuk kesehatan hati, ginjal dan lambung. Beras hitam sangat dianjurkan dikonsumsi bagi pasien penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi •


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment