4 Manfaat Penting Mengkonsumsi Beras Merah | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
4 Manfaat Penting Mengkonsumsi Beras Merah
1/ 5
by

4 Manfaat Penting Mengkonsumsi Beras Merah


Beras merah adalah salah satu jenis beras yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Ada 4 manfaat penting yang didapat jika rutin mengkonsumsi beras merah. Manfaat penting pertama adalah kebugaran / kekebalan tubuh akan terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan protein dan vitamin yang lebih tinggi dari beras putih biasa.

Dalam satu cangkir nasi beras merah mengandung 216,45 kalori, 88% kecukupan harian (Daily Value / DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram). Kandungan protein beras merah 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Beras Merah juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, niasin, thiamin, polifenol, serat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.


Manfaat penting yang kedua adalah menjaga kesehatan pencernaan. Serat pada beras merah sangat efektif untuk melancarkan sistem pencernaan. Zat selenium serta polifenol dalam beras merah dapat melindungi tubuh dari risiko terserang kanker usus. Manfaat beras merah selanjutnya adalah sebagai penetralisir / mengatasi efek negatif radikal bebas. Aleuron zat warna gelap pada buah / sayur / beras mempunyai sifat antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari penyakit yang disebabkan karena efek negatif dari radikal bebas seperti kanker, serangan jantung dan kulit kusam / penuaan dini (kerusakan sel pada kulit).

Manfaat penting yang terakhir adalah dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil dan menurunkan kolesterol jahat. Beras merah dengan kulit arinya yang mengandung serat tinggi dan asam lemak esensial, sangat efektif dalam membantu menurunkan kadar kolesterol LDL penyebab penyakit jantung. Beras merah indeks glikemiksnya (Indeks Glikemiks adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah) rendah serta seratnya tinggi sehingga dapat menstabilkan kadar gula dalam darah.

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment