Waspada Terhadap TBC Paru | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Waspada Terhadap TBC Paru
1/ 5
by

Waspada Terhadap TBC Paru

“TBC adalah penyakit yang disebabkan terinfeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis (Mtbc) dari udara dan terhirup masuk ke dalam tubuh.”
Ada 2 tipe Tuberkulosis yaitu TBC aktif dan laten (pasif). TBC pasif adalah ketika tubuh sudah terinfeksi bakteri penyebab TBC (Mtbc) tapi bakteri tersebut tidak dalam kondisi yang aktif, sehingga tidak ada gejala apapun pada tubuh. TBC pasif bisa menjadi TBC aktif jika tak ditangani dengan baik dan penderita bergaya hidup tidak sehat. Sedang TBC aktif adalah kondisi terinfeksi TBC dimana tubuh sakit dan bisa menularkan orang lain.

Gejala-gejala yang mengiringi ketika sakit TBC aktif adalah batuk, penurunan berat badan, mudah lelah, lesu, demam, keringat malam hari, panas dingin, hilang nafsu makan, dan urine berwarna keruh (kemerahan). TBC dapat menyerang paru, atau organ-organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, usus, ginjal, kandungan, tulang, sampai otak. TBC paling sering ditemukan TBC Paru. Dapat pula menyerang anak-anak jika menghirup udara yang terkontaminasi bakteri TBC.

 TBC akan mudah menular lewat bersin atau batuk. Hampir  semua orang  memiliki kemungkinan terserang batuk TBC  (TBC paru). Selain lewat  penularan udara ada beberapa  faktor lain yang dapat mengakibatkan  terserang TBC paru  yaitu, sistem imun (kekebalan tubuh) yang lemah,  lingkungan yang kotor / tidak sehat, dan paparan zat racun /  kimia  berbahaya seperti rokok, asap kendaraan dan alkohol.

Penyakit TBC paru sangat mengganggu dan berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian, bila tidak segera ditangani. Meskipun TBC merupakan penyakit berbahaya tetapi TBC paru bisa dicegah dan diobati. Perlu diingat bahwa jika sudah pernah terkena TBC paru dan diobati, penyakit tersebut dapat kembali timbul/menyerang kalau tidak berpola hidup sehat.


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment