Khasiat Mengkudu | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Mengkudu
1/ 5
by

Khasiat Mengkudu


“Mengkudu memang buah yang terlihat tidak menarik dan aromanya juga tidak sedap tapi dibalik itu, buah mengkudu memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh”.

Buah noni atau biasa disebut mengkudu (pace), merupakan buah yang banyak ditemukan di sekitar kita. Buah mengkudu hidup di daerah vulkanik, banyak ditemukan di Asia Tenggara, India, Australia, dan Kepulauan Pasifik. Di Indonesia buah mengkudu terkenal manfaatnya sebagai obat herbal alami untuk menjaga kesehatan, menyembuhkan penyakit dalam dan juga penyakit kulit. Biasanya buah mengkudu dibuat jus untuk dikonsumsi.

Manfaat yang begitu besar dari buah mengkudu tidak terlepas dari zat-zat yang terkandung didalamnya. Mengkudu merupakan salah satu buah dengan gizi yang lengkap. Protein, vitamin, kalium, selenium, serat, scolopetin, magnesium, lycine, zat xeronine, dan zat-zat penting lainnya terkandung dalam mengkudu. Zat antibakterial, zat antikanker dan terpenoid (zat pemulihan sel tubuh) juga terkandung di dalam mengkudu. Tubuh dapat terjaga kesehatannya jika rutin mengkonsumsi buah mengkudu karena mengkudu mengandung nutrisi (gizi) lengkap yang dibutuhkan tubuh.

Serat pada Mengkudu bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mengatasi gangguan pada sistem pencernaan. Kandungan mineral pada mengkudu dapat memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan demikian peredaran darah akan lancar dan jantung pun terjaga kesehatannya. Mengkudu sangat baik dalam menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Zat selenium pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat sangat bermanfaat untuk mengatasi efek negatif radikal bebas.

Mengkudu bersifat antikanker, dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dan teratur dapat mengatasi adanya pertumbuhan sel kanker juga tumor. Zat antibakteri juga terkandung dalam mengkudu yang dapat berfungsi mematikan bakteri-bakteri penyebab infeksi. Zat terpenoid pada mengkudu berfungsi memulihkan sel-sel tubuh. Senyawa scolopetin efektif sebagai unsur antiperadangan dan antialergi. Sedang zat xeronine merupakan kandungan senyawa yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah (menstabilkan tekanan darah).

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment