Tips Efektif Cegah Penuaan Dini | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Tips Efektif Cegah Penuaan Dini
1/ 5
by

Tips Efektif Cegah Penuaan Dini


“Salah satu ciri penuaan dini adalah kulit yang sudah terlihat pucat / tidak segar walau usia masih muda.”
Pada usia memasuki 30 tahun ke atas biasanya akan ditemukan perubahan pada kulit. Apalagi pada yang tidak terlalu memperdulikan kesehatan kulit. Hal ini tentu akan mempengaruhi penampilan. Penuaan memang proses alamiah, sehingga adanya perubahan pada kulit bisa dianggap hal yang wajar. Tetapi jika diperhatikan ada orang dengan usia yang sama, namun nampak perbedaan, yang satu nampak lebih tua sedang yang lain nampak awet muda.  

Penuaan dini dapat terjadi kepada siapa saja, begitu juga awet muda. Sebenarnya hal ini tergantung pada cara merawat diri. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips efektif untuk mencegah penuaan dini. Tips pertama untuk terhindar dari penuaan dini adalah tidur / istirahat yang cukup. Saat tidur merupakan waktu terbaik bagi tubuh meregenerasi sel yang rusak termasuk kulit, sehingga cukup tidur akan menjaga penampilan kesegaran kulit. Tips selanjutnya adalah jalani hidup dengan enjoy dan usahakan jangan stres (terbeban pikiran) terlalu sering. Stres itu tidak baik untuk kesehatan tubuh termasuk bagi kulit. Jika sudah mulai muncul tekanan tanda-tanda akan stres segeralah atasi atau istirahat dan berlibur.

Salah satu penyebab penuaan dini adalah terlalu sering terkena paparan terik matahari, maka usahakanlah hindari terkena sinar matahari terlalu lama. Makanan sehat berperan besar dalam mencegah penuaan dini, khususnya makanan sehat yang mengandung serat dan antioksidan seperti buah juga sayur. Buah dan sayur akan membuat kulit menjadi lebih segar, karena makanan tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk kulit, membantu membangun kolagen segar di bawah kulit serta dapat mengatasi efek negatif radikal bebas penyebab rusaknya sel-sel / jaringan kulit.
  
Tips efektif selanjutnya untuk mencegah penuaan dini adalah hindari alkohol dan rokok. Alkohol dan rokok akan membuat wajah pucat dan kusam, pemicu penampilan terlihat lebih tua. Akan lebih baik meminum, minuman sehat seperti susu, karena susu dapat menjaga kesehatan tubuh dan membuat kulit lebih cerah. Kemudian usahakanlah asupan air putih yang cukup (± 2 liter perhari), supaya kesegaran kulit akan terjaga. Air putih yang cukup maka tubuh akan tetap terhidrasi (cukup cairan), sehingga terhindar dari kulit kering pemicu penampilan terlihat lebih tua. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga merupakan salah satu cara paling efektif merawat tubuh, kebugaran, kesehatan dan kesegaran kulit. Itu sebabnya dengan rutin berolahraga maka penuaan dini dapat dicegah. Cara efektif terakhir untuk menghindari penuaan dini adalah rutin merawat kulit tubuh. Caranya dengan menjaga kebersihan kulit serta lakukan perawatan kulit seperti terapi masker herbal, memberi pelembab atau sesekali ke salon. Hal ini akan memberi penampilan lebih segar dan terlihat awet muda.

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment