Manfaat Sinar Matahari bagi Tubuh | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Sinar Matahari bagi Tubuh
1/ 5
by

Manfaat Sinar Matahari bagi Tubuh


"Sinar matahari merupakan penunjang yang penting untuk sendi-sendi kehidupan dan begitu juga bagi tubuh."
    Sudah tak diragukan lagi bahwa peranan matahari di alam semesta termasuk bumi sangatlah penting. Banyak sekali manfaat sinar matahari untuk sendi-sendi kehidupan dan tubuh manusia. Bagi manusia, sinar matahari dapat berperan sebagai penunjang kesehatan dan kebugaran tubuh.

Matahari merupakan sumber kehidupan bagi manusia setelah air. Sinar matahari dapat menjadi sumber pembentukan vitamin D alami bagi tubuh yang berfungsi menyuplai kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Beberapa hormon penting seperti Seretonin, Endorfin dan Melatonin dapat dihasilkan dari paparan sinar matahari. Hormon seretonin berfungsi pengontrol suasana hati (ketenangan hati), hormon endorfin berfungsi mencegah depresi, sedang hormon melatonin untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Sinar matahari dapat juga berfungsi untuk melancarkan sistem peredaran darah karena paparan sinarnya yang mengenai tubuh bisa melebarkan pembuluh darah. Dapat pula sebagai pembantu proses detoksifikasi (mengeluarkan zat racun) dalam tubuh dan membakar lemak. Penelitian menyebutkan berjemur dipagi hari dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah sehingga menghindari terserang penyakit diabetes. 

           Kekebalan tubuh akan terjaga karena sinar matahari dapat membantu menghasilkan sel darah putih yang efektif menangkal infeksi juga penyakit akibat bakteri, jamur dan virus. Meskipun memberikan manfaat bagi kesehatan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam terkena paparan sinar matahari. Maka sebaiknya secukupnya saja tubuh terkena paparan sinar matahari. Waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat sinar matahari adalah di pagi hari sebelum jam 09:00 dan sore hari. 


Beberapa Makanan yang Bagus untuk Otak
jenis-Jenis makanan yang bagus untuk perkembangan Otak
Manfaat Sinar Matahari Terhadap tubuh kita
Sinar Matahari ternyata memiliki Manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita.



Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment